Tanjungpinang

Lantamal IV dan Kansar Kota Tanjungpinang Laksanakan Latihan Bersama

Juliadi | Selasa 29 Mar 2022 18:29 WIB | 1017

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV bekerjasama dengan Wing Udara I Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) menurunkan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) I, 4-06/Setumu dan Sea Rider beserta Helikopter HU-4204, sesuai dengan perintah latihan dari Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla bersinergi dengan Kantor SAR (Kansar) Kota Tanjungpinang melaksanakan Latihan Bersama penanggulangan kecelakaan laut di perairan Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (29/3/2022).


Pada Latihan Operasi Matra Laut Pertolongan dan Pencarian (SAR) Lantamal IV TW - I TA. 2022  yang disaksikan dan dimonitor langsung oleh Danlantamal IV kali ini melibatkan bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL yaitu Patkamla, Sea Rider dan Helikopter dan satu kapal nelayan sebagai penimbul situasi (bulsi).


Dalam keterangannya Laksma Dwika mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk interoperabilitas dan sinergitas dengan instansi setempat juga untuk menjaga profesionalisme prajurit Unsur dan Pangkalan sebagai tindak lanjut perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P agar setiap Unsur (KRI/KAL/Patkamla) yang beroperasi selalu mengadakan latihan. 


Yang mana hal ini selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul.


Pada kesempatan yang sama Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Agus Izudin, S.T menjelaskan, dalam kegiatan latihan yang disimulasikan telah terjadi kecelakaan kapal nelayan saat melakukan aktivitas di perairan Berakit telah terjadi Kebakaran dan kebocoran Kapal yang mengakibatkan 4 korban nelayan. 


selanjutnya dikatakannya, dilaksanakan SAR oleh Helikopter yang bekerja sama dengan Patkamla dan Sea Rider. Setelah korban berhasil ditemukan selanjutnya korban dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan dan diserahkan ke Kansar untuk pertolongan lebih lanjut.


Kepala Kansar (Kakansar) Kota Tanjungpinang selaku Pengendali operasi SAR langsung menindaklanjuti dengan menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Lantamal IV untuk dilaksanakan pertolongan sesuai dengan tingkat keparahan sehingga pertolongan lebih lanjut diarahkan ke Rumah sakit TNI AL (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang. (*) 



Share on Social Media