Batam

Rudi Pimpin Apel Deklarasi Larangan Pengerusakan dan Karhutla di Batam

Juliadi | Kamis 04 May 2023 12:24 WIB | 445

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wali Kota/Wakil Wali Kota
Kebakaran
Hutan


Wali Kota/Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi saat memimpin apel deklarasi larangan pengerusakan dan Karhutla, Kamis (5/4/


MATAKEPRI.COM BATAM -- Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, H. Muhammad Rudi memimpin apel deklarasi larangan pengerusakan dan pembakaran hutan dan lahan  (Karhutla) di wilayah Kota Batam bertempat di lapangan apel Mapolresta barelang, Kamis (4/5/2023). 


Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan, apel pencegahan karhutla di Kota Batam tahun 2023 dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Kota Batam. 


"Menurut data perkiraan cuaca dari BMKG,  cuaca panas melanda indonesia  sampai bulan Oktober 2023, Untuk itu kita dituntut siap siaga menghadapi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," ungkap Rudi. 


Lanjut dikatakan Rudi, upaya pencegahan seperti melalui himbauan kamtibmas dan patroli secara terpadu akan dilaksanakan di tempat-tempat yang menjadi titik kerawanan kebakaran hutan dan lahan dengan Peralatan pendukung dan personil perlu di siapkan, serta koordinasi dan cara bertindak antar instansi perlu di solidkan siapa dan berbuat apa dalam menjaga kota batam dari terjadinya karhutla. 


"Hari ini kita bersama sama melaksanakan apel yang di prakarsai pak Kapolres, mengantisipasi kebakaran di Kota Batam, perlu kita ketahui air menjadi sumber utama kita, batam tidak punya sumber air, dari bumi dari langit dan itu yang di tampung, tampungan ini pasti yang menyelamatkan adalah kayu pohon yang ada, terbayang jika suatu waktu hutan terbakar, tidak terjadi kebakaran saja air sudah berkurang. Apalagi jika Hutan sudah terbakar akan terjadi penyakit kulit, jika air tidak ada tubuh kita yang 70-80 isinya  persen isinya air,  jika ini tidak ada akan sakit semua tubuh akan mengering," kata Rudi. 


"Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada pak Kapolresta Barelang, mari kita mengajak masyarakat Kota Batam kita jaga Kota Batam, pemanasan global ini jangan mengakibatkan kebakaran yang banyak di Kota Batam, kita bisa jika kita mau, mudah mudahan dengan Apel bersama ini kita bisa saling menjaga, puntung rokok juga bisa menjadi penyebab kebakaran, dan gesekan besi karna kering juga bisa jadi api. Kita sedang membangun Kota Batam menjadi kota industri dan perdagangan yang besar, mudah mudahan di Kota Batam tidak ada terjadi kebakaran dan kekeringan maka Kota Batam akan tetap aman," tutup Rudi. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media