Kesehatan

Stop Berbagi Make Up dengan Teman Demi Kesehatan

| Jumat 03 Feb 2017 16:54 WIB | 2846




MATAKEPRI.COM, Jakarta-Teman sering meminjam bedak atau make up milik Anda? sebaiknya mulai saat ini pertimbangkan untuk tidak memberikannya. Bukan pelit, namun ada resiko kesehatan bagi Anda sendiri jika sering berbagi make up dengan orang lain lho.

Apalagi jika memakai alat make up beramai-ramai, sebaiknya hindari. Kuas, spons, bahkan penjepit bulu mata pun termasuk yang tidak boleh dipakai oleh orang banyak. Apa alasannya? Laman Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

Penyakit mulut dan sariawan

Masalah pada mulut semisal sariawan, penularan herpes, infeksi dan gangguan kesehatan lainnya bisa terjadi akibat bergantian memakai lipstik yang sama. Ada bakteri yang hidup di mulut dan air liur, yang mudah menempel di lipstik dan menulari Anda. Memang tak langsung menyebabkan Anda sakit, namun saat sistem kekebalan tubuh turun, maka bakteri itu akan meenyerang.

Demam

Demam pun bisa terjadi usai infeksi bakteri atau virus dari seseorang yang ikut memakai make up dan bedak serta alat make up Anda. Jangan dianggap remeh, karena saat ini ada banyak virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit menular.

Iritasi mata

Mata bisa teriritasi jika memakai eye shadow, eye liner, atau penjepit bulu mata secara bersama. Biasanya gejalanya adalah mata merah dan gatal.

Infeksi bakteri

Bakteri dan kuman serta jamur mudah menempel di berbagai alat make up, terutama karena alat tersebut jarang dicuci atau dibersihkan dan diganti. Saat Anda gunakan, penyebab penyakit itu akan masuk ke bawah pori, menginfeksi tubuh Anda perlahan-lahan dengan penyakit.

Jerawat

Efek dari bergantian memakai make up paling ringan adalah jerawat. Apalagi jika spons bedak digunakan saat kulit wajah berkeringat, kotor, dan terdapat bakteri penyebab jerawat. Jadi memang lebih aman Anda pakai sendiri alat make up Anda, dan tidak bergantian dengan banyak orang.



Share on Social Media