Natuna, News

Minim Dokter, Pasien Kecamatan Serasan Dirujuk Ke Provinsi Tetangga

| Jumat 10 Mar 2017 15:49 WIB | 3375

Kesehatan


Pasien sedang antre di Puskesmas Serasan.



MATAKEPRI.COM, Natuna - Puskesmas Serasan kekurangan dokter, pimpinan Puskesmas drg Human Abdian mengeluhkan kondisi tersebut. ”Kami minta ada penambahan dokter karena sekarang cuma ada satu orang, dengan kondisi seperti ini tidak mampu menangani pasien rawat inap belum lagi pasien rawat jalan," kata Abdian.

Hal itu mengakibatkan  pelayanan Puskesmas tidak maksiamal untuk melayani kurang lebih 9000 warga pulau tersebut. Ia juga turut  perihatin dengan kondisi pasien karena keterbatasan mereka.

” Kasian juga dokter jika harus 24 jam, soalnya kami ini puskesmas rawat inap, pasien sekarang hampir tak pernah sepi, sementara pagi dan siang dokter harus ke poli umum, disisi lain kita tidak mungkin membiarkan pasien begitu saja ” ucapnya.

Keluhan atas kondisi tersebut telah sering mereka laporkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna namun sampai saat ini belum ada solusi.

"Masalah ini telah kami sampaikan ke Dinas terkait selalu alasannya tidak ada tenaga dokter tambahan, karena kami melayani dua Kecamatan," kata dia.

Ia berharap ada upaya cepat yang dilakukan pemerintah atas persoalan tersebut. Saat ini disaping kurangnya stok obat, Puskesmas Serasan hanya bisa melakukan penanganan awal sebelum merujuk pasien untuk keluar daerah.

Dampak dari kekurangan tenaga dokter membuat pasien harus mengeluarkan biaya cukup besar karena harus dirujuk ke Kalimantan.

Sebagian besar pasien Puskesmas dilarikan ke Kalimantan mengingat jarak Pulau Searasan dekat dengan Kalimantan Barat, transportasi laut rutin selalu ada walaupun hanya menggunakan pompong kayu.n4-nang/an




Share on Social Media