Lingga

Kementan Jajaki Potensi Tanaman Pangan di Lingga

| Rabu 12 Apr 2017 14:15 WIB | 2858




 MATAKEPRI.COM –Lingga - Tim Teknis Lumbung Pangan Nasional dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI, pada Selasa (11/4/2017) siang kemarin ,berkunjung ke Kabupaten Lingga.  Kunjungan itu dilakukan sebagai langkah awal pembangunan sektor pertanian di daerah kabupaten yang berada di perbatasan.

Bambang Prastowo, Ketua Tim Teknis dari Badan Litbang Pertanian Kementan RI, menjelaskan agenda kunjungan mereka ke Lingga dalam rangka mewujudkan program untuk pengembangan lumbung pangan yang berorientasi pada sistem ekspor. Dimana oreantasi itu dilakukan dalam jangka waktu pendek dan secara bertahap.

“kami dari Kementan diminta untuk  ke daerah perbatasan seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Lingga ini. Tugasnya mempelajari atau menjajaki potensi apa saja yang bisa menjadi produk unggulan disuatu daerah untuk menuju sasaran lumbung pangan berbasis ekspor," ungkap Bambang saat beraudiensi dengan Bupati Lingga, Alias Wello di Gedung Daerah, Selasa (11/04/2017) sore.

 Bambang menjelaskan Kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung produk Unggulan hasil pertanian  yang dimiliki Daerah terutama untuk wilayah perbatasan dengan negara tetangga  seperti padi yang berada di Sungai Besar dan Bukit Langkap serta di Desa Resang dan produk pertanian lainnya seperti tanaman holtikultura.  Pengembangan pertanian ini , nantinya akan dipelajari dan didiskusikan secara teknis bersama kepala daerah.

 

“teknisnya nanti kita pelajari  seperti wilayah yang berpotensi menjadi lumbung pangan, kemudian  kita teliti dan dikaji, potensi–potensi apa yang bisa diangkat di Lingga ini.  Tentu dilakukan secara bertahap. Setelah ini nanti ada beberapa kabupaten yang harus kita kunjungi lagi di Kepri ini," Jelas Bambang .

Lebih lanjut Bambang menegaskan bahwa Kementan siap mendukung pengembangan sektor pertanian yang potensial di suatu daerah, baik dalam bentuk sarana–prasarana, penyuluhan dan sebagainya, kemudian pembentukan model usaha.

"Kementan sangat mendukung akan hal ini. Apalagi di Kabupaten Lingga yang mana usaha dari pak Bupati patut diapresiasi," ujar Bambang

Sementara itu, Bupati Lingga menyampaikan dengan adanya kunjungan tim teknis dari Kementan ini bisa memberikan masukan bagi  Kabupaten Lingga dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada sektor pertanian. Agar capaian produksi komuditas pertanian layak  di ekspor.

"Mudahan-mudahan dengan kedatangan bapak ibu dari tim teknis Kementan ini bisa memberikan semangat baru bagi kami untuk komit menjadi wilayah lumbung pangan nasional," ungkap Alias Wello. (Brn)



Share on Social Media