Advetorial, Kesehatan

YKI dan BKOW Menggelar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

| Selasa 10 Oct 2017 10:51 WIB | 2382




MATAKEPRI.COM, Kepri - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kepri bekerjasama dengan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kepri dan BKOW untuk menggelar deteksi dini kanker seviks dan payudara di RSUD Kepri, Selasa (10/8) ini. Masyarakat diajak beramai-ramai untuk memanfaatkan dengan maksimal layanan deteksi yang diberikan secara gratis ini. Pemeriksaan dilaksanakan sejak pukul 08.00 wib pagi - selesai untuk periksa gratis kanker serviks dan payudara. Pada kesempatan itu juga digelar seminar tentang kanker serviks dan kanker payudara.

“Saya mengimbau kepada kaum perempuan di Kepri untuk segera memeriksakan diri terkait penyakit kanker serviks dan kanker payudara yang sangat rentan bagi kaum perempuan ini,” kata Ketua YKI Kepri Hj Noorlizah Nurdin Basirun saat talkshow di RRI Tanjungpinang, Senin (8/10) pagi.

Hadir juga pada talkshow itu Wakil Ketua IAD Ny Yusneli Arsi Agung Putra, Ketua BKOW Syamsinar dan Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudhiana.

Kehadiran Noorlizah dalam acara talkshow tersebut mendapat antusias dari masyarakat. Hal itu terlihat dari respon yang diberikan masyarakat melalui telpon ke studio maupun melalui sms. Apalagi dengan semangat dan perhatian yang diberikan untuk wanita Kepri dalam pencegahan kanker serviks dan payudara.

Pada kesempatan itu, Noorlizah mengatakan, perempuan di Kepri jangan panik dan takut ketika ada semacam tanda-tanda penyakit tersebut. Segera periksa puskesmas atau rumah sakit terdekat. “Obat yang paling mujarab dari segala penyakit adalah dari diri kita sendiri, yakni dengan cara membuat diri kita happy atau bahagia,” kata Noorlizah.

Noorlizah mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kepedulian dari IAD yang berlangsung selama ini.

Istri Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Yusneli Asri menyampaikan deteksi dini kanker serviks dan payudara menjadi agenda Ikatan Adhyaksa Dharmakarini di setiap kabupaten/kota secara simultan.

"Kegiatan meneruskan arahan ibu Kejagung sesuai instruksi ibu Negara Iriana Joko Widodo. Maka itu kami sangat senang YKI juga seiring dengan semangat kami," ujarnya.

Sementara itu Ketua BKOW Kepri Syamsinar juga menghimbau agar 86 organisasi yang berada di bawah koordinasinya untuk ikut mengirimkan anggotanya pada bakti sosial deteksi dini kanker serviks dan payudara hari ini.

Selain deteksi dini kanker serviks dan payudara, pada hari yang sama juga digelar seminar dengan tema "Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara". Tidak ada persyarakat khusus dan biaya apapun bagi wanita yang ikut deteksi dini kanker serviks dan payudara.(Humas Pemprov)



Share on Social Media