Batam, Natuna, News, Politik

Wakil Bupati Natuna Menghadiri Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan Setempat

| Selasa 30 Jan 2018 16:01 WIB | 2228



(istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam – Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA menghadiri Konferensi Pemerintah Daerah Kepulauan bertempat di Meeting Room Swiss Bell Hotel Harbour Bay, Batam, Senin (29/1/2018).

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekjen Kementerian Dalam Negeri RI Hadi Prabowo, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPD RI, Direktur Transfer non Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang tergabung dalam Badan Kerjasama Konfrensi Kepulauan, Kapolda Kepri, Danrem 033/WP, Danlantamal IV tanjungpinang, Danlanud Raja Fisabilillah, Anggota DPD dan DPR RI serta FKPD Provinsi Kepulauan Riau.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tarian persembahan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipandu oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kota Batam.

Selanjutnya, dalam penyampaian arahan dan pesan dari Kemendagri yang diwakilkan oleh Sekjen Kemendagri, Kemendagri telah menyusun rancangan perundang-undangan tentang kewenangan daerah provinsi yang berciri kepulauan Indonesia yang dikenal dengan negara kepulauan yang terbentang luas, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai pulau Rote.

Pemerintah pusat berharap penuh kepada pemerintah daerah provinsi dengan ciri kepulauan dalam mengelola daerahnya. Seperti eksploitasi, eksplorasi, pengelolaan sumber daya kelautan, serta keamanan kelautan.

Kemendagri mengatakan akan Fokus kebijakan yang dibuat dengan orientasi kelautan dan kepulauan, kemudian melakukan pemerataan pembangunan dan pelayanan didukung oleh jaringan distribusi yang memadu.

Pembangunan dilakukan secara terpadu berdasarkan keunggulanspasial dan potensi lokal, serta dekatkan rentang kendali dalam tugas pokok pemerintahan daerah pembangunan insfrastuktur memadai dan Tingkatkan intensitas layanan angkutan laut reguler antar pulau.

Setelah menyampaikan arahan Kemendagri, Sekjen Kemendagri membuka Konferensi secara resmi dengan ditandai pemukulan Gong.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Provinsi Kepri memberi cendramata yaitu Tanjak yang menjadi ciri khas adat melayu kepada Sekjen Kemendagri, Wakil Ketua DPR RI dan para gubernur/wagub provinsi yang hadir dalam konfrensi tersebut.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait