Batam, News, Ekonomi

Jumlah Pencaker Di Batam Tertinggi ke Tiga di Indonesia, Ini Jumlahnya

| Rabu 24 Jul 2019 20:41 WIB | 2242

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kawasan Industri


Para pencaker di Kawasan MPH Batamindo. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - MenurutĀ  data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Jumlah Pencaker di Batam sejak awal tahun 2019 hingga bulan Juni, DisnakerĀ  kota Batam telah mengeluarkan kartu kuning sebanyak 35.956 lembar.


Afrizon selaku Kasi informasi Pasar kerja (IPK) Disnaker kota Batam mengakui dari jumlah kartu kuning yang di keluarkan bahwa Batam merupakan kota dengan jumlah pencaker tertinggi ke Tiga di Indonesia.


"Kalau beberapa waktu lalu, saya ketahui Batam urutan ke Tiga," jelas nya. Namun Afrizon melanjutkan, agar jumlah tersebut jangan menjadi momok menakutkan bagi para pencaker, melainkan harus menjadi motivasi agar para pencaker harus lebih semangat.


"Karena apabila ada beberapa perusahaan yang baru buka, maka jumlah tersebut tentunya akan berkurang cukup banyak," imbuhnya.


Afrizon melanjutkan, jumlah tersebut merupakan gabungan dari dua asal pencaker, yaitu yang berdomisili di Batam serta yang dari luar Batam.


"Untuk saat ini, kartu kuning yang di berikan kepada pencaker terbanyak berasal dari luar Batam, dengan jumlah 20.151 lembar, sedangkan untuk pencaker yang berdomisili di Batam hanya berjumlah 16.805 lembar," jelas Afrizon.


Sebanyak 13.401 telah mendapatkan lowongan kerja, 13.329 mendapat penempatan dan sebanyak 10.608 dilakukan penghapusan data. Dan hingga akhir Juni lalu, tercatat sebanyak 13.019 yang belum mendapatkan pekerjaan. (AM)



Share on Social Media