Batam, News, Kepri

BMKG : Diperkirakan Cuaca Batam Hari Ini Akan Turun Hujan Lokal

Egi | Sabtu 05 Oct 2019 11:27 WIB | 1703

BMKG


Istimewa


MATAKEPRI.COM,BATAM-Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim, Suratman mengatakan adanya belokan angin (shearline) dan tingginya nilai kelembapan udara lapisan atas di wilayah Kepulauan Riau diprediksi cuaca hari ini akan terjadi hujan lokal.


"Mengingat tingginya nilai kelembapan udara lapisan atas akan mendukung petumbuhan awan-awan konvektif," jelas Suratman, Sabtu (5/10) pagi.


Sehingga, secara umum kondisi cuaca hari ini diperkirakan berawan dan terdapat potensi terjadinya hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.


"Sementara, untuk titik hotspot atau titik panas di Kepri dipastikan sudah bersih, sebab tingkat kepercayaan soal ini mencapai 80 persen,"ungkap Suratman.


Lanjutnya, Hal itu pun tidak terlepas dari kondisi hujan yang terjadi di Batam dan beberapa daerah lainnya di Kepri beberapa hari terakhir ini


"Dipastikan sudah padam. Karena memang kondisi hujan yang terjadi membantu memadamkan api dan daun kering menjadi lembab dan tidak mudah untuk terbakar,"tuturnya.


Dikatakan, se-Indonesia masih terdapat 34 titik api, hanya saja tidak seganas hari-hari sebelumnya seperti di Riau, Jambi dan Palembang belum lama ini.


"Tingkat kepercayaan soal ini mencapai 80 persen lebih, Insya Allah bisa membantu redam paska hujan ini,"tutupnya.(EAG)




Share on Social Media