Nasional , News, Kesehatan, Pendidikan

Kamu Kurang Tidur ? Ini Dampak Yang Bisa Mengancam, Dari Mulai Lapar Hingga Gangguan Mental

| Minggu 01 Dec 2019 09:16 WIB | 2241

Kesehatan


Ilustrasi kurang tidur.


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Saat seseorang terlalu sibuk dengan berbagai urusannya, termasuk pekerjaan pasti sering menunda waktu tidurnya di malam hari. Tidak hanya sebagian, bahkan kebanyakan orang sampai tidak tidur seharian penuh dan ini pasti membuat kesehatan tubuh terganggu.


Dikutip dari Huffpost, para ahli tidur mengatakan seseorang yang kurang tidur bisa berdampak pada keadaan fisik bahkan mentalnya juga sangat menonjol.


Berdasarkan penelitian ahli, berikut ini beberapa dampak yang didapatkan saat waktu tidur malamnya terpotong.



1. Daya ingat menurun


Dalam sebuah penelitian menyebutkan, tidur memiliki peran utama untuk mengelola atau mengatur memori, proses ingatan jangka pendek atau pun jangka panjang. Jika waktu tidur terganggu, daya ingat akan menurun.


Seorang profesor di Fakultas Kedokteran di Texas A&M, David Earnest mengatakan efek kurang tidur dapat membuat daya ingat atau memori otak tidak bekerja secara efisien. Akibatnya, daya ingatnya akan terus menurun bersamaan dengan waktu tidur kamu.



2. Cenderung membuat keputusan yang buruk


Saat kurang tidur, akan mengganggu bagian otak salah satunya korteks prefrontal. Bagian dari otak ini yang berfungsi untuk memberikan penilaian, keputusan, mengontrol rangsangan serta emosi. Selain itu, bagian ini juga membantu mengerti akan pikiran orang lain.


Ketika seseorang tidak cukup tidur, dapat memberikan penilaian yang buruk. Keputusan yang diambil menjadi impulsif dan menjadi orang yang kurang mampu menilai potensi bahkan keputusan yang diambil akan berpotensi negatif.



3. Lebih mudah tersinggung


Orang yang kurang tidur cenderung akan lebih rewel dari biasanya dan membuat suasana hati menjadi buruk. Selain itu, ini juga akan berpengaruh saat berkomunikasi dengan orang lain. Ia akan lebih mudah tersinggung bahkan cepat marah. Jika dilihat dari fisiknya, entah wajah atau tubuhnya terlihat seperti sangat kelelahan.



4. Sistem kekebalan tubuh terganggu


Saat kamu kurang tidur produksi sitokin di tubuh akan terganggu. Sitokin merupakan protein-protein kecil yang bertugas sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi, dan hematopoesis. Ini sangat berperan besar dalam menentukan respon imun tubuhmu.


Salah satu ahli tidur mengatakan, ketika seseorang begadang semalaman, fungsi imun tubuh akan terganggu dan bisa membuatmu rentan terserang penyakit.



5. Cepat lapar


Kurang tidur juga ternyata bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon leptin-ghrelin. Ghrelin adalah 'hormon lapar' yang ada di dalam tubuh. Hormon ini bertugas untuk meningkatkan nafsu makan.


Sementara leptin merupakan 'hormon kenyang' yang dapat menghambat rasa lapar pada tubuh. Saat waktu tidur tidak tercukupi, malah akan meningkatkan kadar ghrelin. Itu yang mempengaruhi orang yang sering begadang lebih cepat lapar daripada yang lainnya.



(***)

Sumber detik




Share on Social Media