Batam, Pendidikan, Kepri

Universitas Internasional Batam Wisudakan 738 Mahasiswa/i Angkatan KE-XV

Egi | Kamis 05 Dec 2019 20:14 WIB | 390

Seremonial
Perguruan Tinggi
Pendidikan


Dr. Iskandar Itan Rektor UIB saat pemindahan tali Toga wisudawan/wati dari kiri ke kanan (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM - Universitas Internasional Batam (UIB) kembali mengadakan sidang senat terbuka dengan acara tunggalnya Wisuda angkatan KE XV jenjang Magister (8-2) dan Strata satu (8-1) di Balroom Swiss Bell Hotel, Kamis (5/12).

Tahun ini UIB berhasil meluIuskan 738 Wisudawan/wati yang terdlri dari 71 Wisudawan program Magister Manajemen, 21 Wisudawan program Magister Hukum dan 646 Wisudawan Strata satu. 

Turut hadir dalam acara ini adalah Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, yang diwakili oleh Bapak Raja Arisa,Asisten I Gubernur Kepri, Wakil Walikota Batam Bapak Amsakar Achmad. S.Sos., M.Si. , LLDIKTI Wilayah X yang diwakili oleh Bapak Jamurin. SH., MH, Ketua YMTI Batam, Soehendro Gautama, SH. M.Hum. 

Dr. Iskandar Itan S.E.,M.M mengatakan, para wisudawan/wati Program Strata satu (S-1) UIB terdiri dari 50 Wisudawan Prodi Teknik Sipil, 14 Wisudawan Prodi Teknik Elektro.

Selanjutnya 88 Wisudawan Prodi Sistem Informasi, 242 Wisudawan Prodi Manajemen, 135 Wisudawan Prodi Akuntansi, dan 117 Wisudawan Prodi Ilmu Hukum.

UIB juga memberikan penghargaan kepada Wisudawan terbaik dari bidang eksakta dan sosial. 

"Untuk bidang eksakta, disandang oleh Darvin, S.Kom dari prodi Sistem Informasi dengan nilai IPK 3,82 dan nilai TOEIC 755, sedangkan bidang sosial jatuh ke tangan Viviyan. S.M dari prodi Manajemen dengan IPK 3.97 dan nilai TOEIC mencapai 940,"ucap Dr. Iskandar Itan S.E.,M.M. 

"Selanjutnya untuk mahasiswa terbaik dari Program Magister, adalah Erilia Kesumahati S.Si.,M.M dari prodi Magister Manajemen dengan nilai IPK 4.00 dan nilai TOEFL Score 530,"tambahnya. 

Kemudian dari Magister Hukum diraih oleh Fedryk Soaloon Harahap. S.S., M.H dengan nilai IPK 3,80. Selain Wisudawan terbaik, UIB juga memberikan penghargaan kepada Wisudawan Berprestasi, Putra Sabar Hotman Sihombing, S.Kom, dengan niIai IPK 3.61 dan TOIEC 540. 

Tahun 2019 ini merupakan tahun yang cukup berkesan untuk UIB, setelah mendapatkan Akreditasi B untuk Perguruan Tinggi, saat ini posisi UIB juga naik dari tahun lalu pada peringkat 161 dari 3.269 Perguruan Tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia, berdasarkan laman pemeringkatan ristekdikti.go.id.

"Dengan kata lain UIB masuk dalam Top 5% Universitas di Indonesia, selain itu UIB juga mendapatkan peringkat 1 (satu) sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang berada dalam LLDIKTI Wilayah X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau,"ungkapnya.

Sementara itu untuk peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja dan Pengabdian kepada Masyarakat. UIB masuk dalam kategori predikat tertinggi dengan peringkat 108 dari 127 Perguruan Tinggi yang masuk dalam penilaian atau klaster unggul dan sangat bagus. 

Pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi ini menilai empat komponen yaitu SDM, Kemahasiswaan, Kelembagaan, Penelitian dan Publikasi.

UIB bertekad dapat masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik di Indonesia pada lima tahun mendatang. Untuk itu, UIB akan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM,"tutupnya (EAG)