International, News, Pariwisata

Arulmigu Raja Mariamman Temple, Kuil Hindu Tertua Di Johor Bahru

Juliadi | Sabtu 21 Dec 2019 10:45 WIB | 5605

Tempat Ibadah


Arulmigu Raja Mariamman Temple, terlihat dari depan, Kamis (19/12/2019). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM, JOHOR BAHRU - Salah satu kuil Hindu tertua di Johor adalah Arulmigu Raja Mariamman Temple, yang berusia lebih dari seratus tahun. Yang terletak di Jantung Kota, Nomor 1 A, Jalan Ungku Puan, 8000 Johor Bahru, Johor, Malaysia. Yang berjarak 10 menit berjalan kaki dari Amari Johor Bahru


 Kuil ini dibangun pada bulan Desember 1911, kuil ini pertama kali dikenal sebagai Kuil Mariamman tetapi kata 'Raja', yang berarti Raja, ditambahkan sebagai apresiasi kepada Sultan Johor, Sultan Ibrahim yang menyumbangkan satu acre tanah dan RM500 kepada pendiri, Kootha Perumal Vandayar.


Kuil Arulmigul Rajamariamman Devasthanam ini terbuka untuk semua orang, akan tetapi bagi yang ingin memasuki kuil tersebut, harus mematuhi dengan ketat kode pakaian bait suci sebelum masuk ke area doa utama, di dalam kuil ini, tidak boleh memakai celana pendek, tidak boleh memakai topi, tidak boleh memakai rok mini, tidak boleh memakai kacamata hitam, tidak boleh memakai alas kaki (kaus kaki, sandal dan sepatu) dan tidak boleh menelepon atau tidak boleh menerima telepon selama di dalam kuil. 


Dalam kuil ini, terlihat seni dan ukiran Hindu yang indah di beberapa dinding, sedangkan menara piramida utama yang disebut Gopuram, dicat dengan warna krem ​​pastel muda dengan warna-warni dewa di sekitar masing-masing lima tingkatan. 


Dewa-dewa ini berasal dari mitologi Hindu, terutama yang terkait dengan dewa ketua kuil di mana Gopuram berada. Gunakan lensa telefoto untuk mengambil foto karena Anda akan dapat melihat detail rumit dari patung-patung ini. (Adi)



Share on Social Media