Batam, News

Waspada Virus Corona Masuk ke Batam, KKP Siagakan Thermal Scanner

Egi | Rabu 22 Jan 2020 18:12 WIB | 2215

Lingkungan Hidup


Salah satu petugas menjelaskan kepada awak media cara kerja Thermal Scanner (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Guna mengantisipasi masuknya Virus Corona ke Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Kota Batam memasang 11 unit Thermal Scanner disetiap pintu masuk Pelabuhan Kota Batam.


Kabid Karantina dan Survailance Epidemologi KKP Batam, Romer Simanungkalit mengatakan, pentingnya melakukan pencegahan ini mengingat Batam merupakan salah satu pintu masuk wisatawan ke Indonesia. 


"Tidak hanya peralatan, kita juga siagakan 4 (empat) personil untuk masing - masing lokasi. Sistem kerjanya kita terapkan dengan sistem shift,"ucap Romer di Pelabuhan Internasional Ferry Batam Center, Rabu (22/01/2020) siang.


"Kita sudah mensiagakan 11 unit Thermal Scaner untuk di pelabuhan Internasional dan di pelabuhan Domestik,"sambungnya.


Dijelaskan, alat tersebut akan disiagakan di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sekupang, dan Harbourbay. Sementara di pelabuhan Domestik akan disiagakan di Pelabuhan Sekupang, Punggur, hingga pelabuhan Pelni di Batuampar. 


"Untuk di Bandara Hang Nadim, juga sudah disiagakan alat tersebut, karena yang kita tahu sekarang Bandara telah melayani direct flight dari China,"ungkapnya.


Salah satu ciri penderita virus Corona ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, yang mencapai hingga 38,5 derajat celcius. 


"Virus ini akan langsung menyerang sistem pernafasan dari penderita. Virus ini pertama kali ditemukan di China. Kita juga bagikan masker kepada seluruh petugas yang berada di masing-masing pelabuhan," terangnya.


Sampai saat ini pihaknya belum ada menemukan penumpang yang mengalami gejala mencurigakan. Namun ia mengingatkan agar para petugas KKP, tetap waspada dan tidak terlalu bergantung terhadap alat.


Apabila menemukan penumpang dengan gejala penderita virus Corona. Maka pihaknya akan langsung melakukan rujukan ke rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.(egi)




Share on Social Media