Batam

LPKA Kelas II Batam Bekerjasama BKPRMI Gelar Pesantren Kilat Bagi 23 Andikpas

Juliadi | Selasa 27 Apr 2021 00:06 WIB | 1871

Lapas/Rutan/LPKA/LPP



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) menggelar pesantren kilat yang diikuti 23 orang Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang beragama Islam, Senin (26/4/2021). 


Hadirnya KPRMI menambah istimewanya kegiatan pesantren kilat ini karena BKPRMI merupakan gerakan Dakwah, organisasi kader dan wahana komunikasi organisasi Pemuda Remaja Masjid seluruh Indonesia.


Kegiatan Pesantren Kilat yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai hari Senin-Rabu (26-28/4/2021) ini mengambil tema“Ceria Meraih Ramadhan”. 


Yang bermakna dalam kegiatan ini, bahwa meski berada di ruang terbatas tidak menyulutkan keceriaan serta semangat anak didik dalam menimba ilmu selama bulan Ramadhan 1442 H /2021 M sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi yang merupakan tujuan dari kegiatan ini.


Adapun materi-materi yang diberikan merupakan materi islami seperti Tahsin Al Qur’an, Ke-BKPRMI-an, Motivasi Diri, Akidah Akhlak. Fardhu Kifayah, juga diselingi dengan permainan (game) yang bernuansakan islami.


Kegiatan pesantren kilat juga dihadiri oleh ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI kota Batam, Zaini Kholis dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkarnain Umar.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada LPKA Kelas II Batam karena telah berkenan mengundangnya untuk kembali hadir disini belajar bersama dan berbagi ilmu dengan seluruh Andikpas. 


"Semoga melalui pesantren kilat ini andikpas LPKA Batam memperoleh ilmu yang pasti bermanfaat sehingga kelak menjadi ustad dan imam yang baik," harap Zulkarnain.


Zaini Kholis, yang juga sebagai pengisi materi pada kegiatan pesantren kilat tersebut berharap kegiatan-kegiatan yang mendidik seperti ini untuk terus berlanjut tidak hanya selama bulan Ramadhan saja.


Kepala LPKA Kelas II Batam Novriadi membuka langsung pembukaan kegiatan pesantren kilat yang ditandai dengan pemberian tanda peserta pesantren kilat kepada perwakilan anak didik LPKA Kelas II Batam. 


Melalui sambutannya Novriadi  berpesan kepada anak didik agar kegiatan bisa diikuti dengan benar dan ikhlas, dengarkan setiap pembelajaran dan pengarahan dari pembicara ataupun ustad yang mengisi materi selama pesantren kilat berlangsung.


Lanjut dikatakan Novriadi, kegiatan ini merupakan sebuah program pembinanan kepribadian bagi Andikpas agar dapat menjadikan mereka insan berkualitas yang terus dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka dalam ilmu terutama ilmu agama. 


"Kegiatan ini juga merupakan sebagai pencerahan hati atau siraman rohani untuk semua Andikpas di LPKA Kelas II Batam, agar mereka dapat memperbaiki diri dimulai dari hal-hal yang terkecil dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Novriadi. 


Usai dibuka oleh Kepala LPKA Kelas II Batam Novriadi, kegiatan pesantren kilat dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yakni tahsin Al Qur'an oleh ustad Abdul Mujid yang diikuti dengan baik oleh anak didik LPKA Kelas II Batam dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (r/Adi) 



Share on Social Media