Batam, Pendidikan

Personil Lantamal IV Batam Latih Mental Siswa/i SMPIT Ulil Albab

Juliadi | Jumat 10 Feb 2023 19:08 WIB | 739

Pendidikan
AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Letkol Laut (KH) Bambang Sulistyono, SH, MH memberi pengarahan kepada para siswa/i SMPIT Ulil Albab Batam, Rabu (8/2/20


MATAKEPRI.COM BATAM -- Latihan mental siswa (Lamensa) VII tahun 2023 diikuti 214 siswa/i Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ulil Albab Batam, bertempat di Markas Komando (Mako) Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Batam, Jalan Tamalatea, Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (8/2/2023).


Kegiatan Lamensa VII yang diikuti oleh siswa siswi kali ini mengangkat tema "Mental kuat ibadah taat prestasi hebat". 


Dalam sambutannya, Letkol Laut (KH) Bambang Sulistyono, SH, MH menyampaikan, Lamensa ini sendiri, sudah disiapkan jauh-jauh hari. Program ini merupakan komitmen sekolah untuk memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didik.


"Pendidikan ini bertujuan untuk memberikan kesan yang sangat mendalam kepada seluruh siswa. Dipandu oleh pelatih sekaligus personel Lantamal IV, para siswa diajak untuk mengenalkan kehidupan prajurit TNI AL di lingkungan Mako Lantamal IV Batam," ungkap Bambang.


Lanjut dikatakannya, para siswa/i juga diberikan pengenalan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI AL dan berbagai kegiatan lainnya.


Sambungnya, saat melindungi personel TNI AL, muatan Islami tetap diberikan kepada peserta. Ketika datang waktu sholat, siswa pun sholat berjamaah. 


“Mereka juga mengikuti zikir pagi dan petang, sholat tahajud, dan lainnya. Semua ini disiapkan, agar siswa-siswi memiliki mental yang kuat, namun tetap terisi degan nilai-nilai Islami yang kental,” ungkapnya.


“Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membentuk mental siswa-siswi agar menjadi sosok mandiri sesuai dengan umur dan kecakapan yang dicapainya, sehingga siswa dapat menanamkan aturan pada diri manusia, menumbuhkan rasa tanggung jawab, menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa ingin diakui,” tambahnya.


Ia juga berharap para siswa/i kelak menjadi generasi muda yang memiliki sifat peduli dan jujur, berpendirian, berjiwa pemimpin, berwawasan mandiri, kreatif dan berwawasan luas.


“Program latihan ini sejalan dengan program Pembinaan Pertahanan Wilayah (Bintahwil) Spotmar Lantamal IV dengan sasaran membina masyarakat di wilayah kerja Lantamal IV termasuk generasi muda,” imbuhnya.


Menurutnya, selain itu merupakan wujud kepedulian TNI AL khususnya Lantamal IV Batam untuk melaksanakan pembinaan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk generasi muda sebagai penerus pemimpin bangsa. 


“Harapan itu akan semakin maksimal tercapai, jika siswa telah dibina mental, fisik dan disiplinnya. Lalu tingkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai siswa,” tutupnya. (Adi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media