Batam

Nonton Bareng Peluncuran Satria-1 dari Stasiun PT SNT Sekupang

Juliadi | Senin 19 Jun 2023 14:36 WIB | 1319

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Nonton bareng peluncuran Satria-1, Senin (19/6/2023). Foto: Adi


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Acara Nonton Bareng Peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria-1) dari Stasiun Bumi PT. SNT Sekupang Batam, Senin (19/6/2023). 


Kepala Divisi Hukum BAKTI, Darien Aldiano, yang hadir dalam acara nonton bareng peluncuran di Batam mengatakan inisiatif ini menandai tonggak sejarah bagi Republik Indonesia dalam memprioritaskan konektivitas internet di daerah-daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal, yang dikenal sebagai daerah 3T. 


"Satria-1 adalah tonggak sejarah bagi Indonesia dalam memastikan akses internet yang merata di seluruh negeri," katanya. 


Menurutnya, Satelit Satria-1, yang menjadi satelit terbesar se-Asia dengan teknologi Very High Throughput Satellite (VHTS), dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.


Lanjut dikatakannya  ditempatkan di posisi 146 derajat bujur timur, satelit ini memiliki kapasitas sebesar 150 Gbps dan akan menyediakan layanan internet di sekitar 50 ribu titik fasilitas publik dari total 150 ribu titik yang ditargetkan.


"Satelit ini diharapkan dapat memeratakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan internet di Indonesia," tutupnya. (Adi) 



Redaktur: ZB


Share on Social Media