Batam

Beberapa Warga Rempang Serahkan Lahan Secara Sukarela ke BP Batam

Egi | Jumat 01 Sep 2023 18:10 WIB | 332

Polda Kepri
BP Batam


Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Badan Pengusahaan Batam menerima lahan secara sukarela dari beberapa warga Rempang yang disaksikan langsung oleh Polda Kepulauan Riau (Kepri). 


Penyerahan lahan secara sukarela dari warga Rempang ini dilaksanakan di gedung marketing BP Batam, Jum'at (1/9/2023). 


Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan, penyerahan itu ditandai dengan surat pernyataan dari 6 badan usaha dan 4 masyarakat. Pihaknya menyambut baik langkah ini karena akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pengembangan kawasan Rempang. 


"Warga Rempang yang menyerahkan lahan atau aset mereka sejauh ini yang dicatat oleh Polda diserahkan ke kita ada 10. Karena kan lagi ada resistensi dari masyarakat, kami meminta bantuan kepada Polda untuk mendata," katanya. 


Tuti melanjutkan, pihaknya terus melakukan pendekatan personal approach kepada masyarakat ataupun badan usaha yang mungkin bisa menerima alasan BP Batam untuk melakukan relokasi. 


Mereka yang menyerahkan secara suka rela ini dapat memudahkan BP Batam untuk membangun secara paralel. Untuk luas lahan dan detail warga yang menyerahkan, Tuti masih harus mencari data yang valid agar tak menjadi sumber liar. 


Tuti menambahkan, pengembangan kawasan Rempang masuk dalam program strategis nasional yang diwacanakan oleh Kemenko Ekonomi. Seluruh permasalahan yang bergejolak dilapangan harus diselesaikan hingga September ini. 


Tuti membandingkan dengan kemajuan Singapura beberapa puluh tahun yang lalu, saat pemerintahan setempat membangun rumah flate dan vertikal housing dengan menggusur lahan landed house yang mendapatkan penolakan dan perlawanan 


"Tapikan dampaknya sekarang sudah dapat mereka nikmati sekarang, memang masyarakat wajarlah melakukan penolakan ataupun resistensi," tutupnya. 


Ditempat yang sama, usai kegiatan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arshad, mengatakan, mereka yang menyerahkan ini sudah lama berniat ingin melakukan, jauh sebelum munculnya penolakan. Hanya saja baru hari ini terealisasi. 


"Secara official nanti pers rilis akan dikeluarkan oleh BP Batam. Ada sekitar lima puluhan lebih. Saya juga tidak tau berapa luasnya, berbagai macam ada dari perorangan ataupun badan usaha. Kita cuma membantu dan menyaksikan mereka menyerahkan lahan," kata Pandra. (Egi) 


Redaktur: ZB





Share on Social Media