Batam

KRI Lepu-861 Berhasil Selamatkan ABK KLM Alinza III

Juliadi | Sabtu 13 Jan 2024 16:37 WIB | 365

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Penyelamatan ABK KLM Alinza III, Jumat (12/1/2024)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kapal Perang milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) kembali selamatkan Anak Buah Kapal (ABK) yang tenggelam, kali ini KRI Lepu-861 dibawah jajaran Satrol Pangkalan utama TNI AL (Lantamal) IV Batam berhasil menyelamatkan ABK KLM Alinza III yang tenggelam di perairan Tanjung Datu, Kepulauan Riau, Jumat (12/1/2024). 


Berawal dari informasi yang didapatkan bahwa ada kapal tenggelam, KRI Lepu-861 segera melaksanakan pencarian dan pertolongan meskipun dengan kondisi cuaca yang berangin dan ombak bergelombang.


Komandan Lepu menginformasikan bahwa Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KLM Alinza III yang berjumlah 6 orang berhasil diselamatkan tanpa adanya korban jiwa dan dibawa ke pangkalan terdekat yaitu Lanal Tanjung Balai Karimun untuk dievakuasi dan mendapatkan pertolongan lebih lanjut.


Sedangkan penyebab tenggelam KLM Alinza III masih didalami hingga saat ini.


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam beberapa kesempatan menginstruksikan seluruh jajaran prajurit TNI AL untuk selalu siap dan siaga dalam merespon segala kedaruratan di tengah masyarakat serta melaksanakan aksi cepat tanggap terutama yang terjadi di perairan nusantara sebagai bentuk pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang merupakan salah satu dari Tugas Pokok TNI Angkatan Laut. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media