Nasional

Peduli RPS, PC GP Ansor Deliserdang Tanam Bibit Pohon Buah

Juliadi | Minggu 29 Aug 2021 14:40 WIB | 1154

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas



MATAKEPRI.COM, DELISERDANG -- Sebagai bentuk kepedulian sosial, PC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Deliserdang, menggelar kegiatan menanam bibit pohon buah dan tanaman di lingkungan UPT Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Deliserdang, di Dusun Kediri, Emplasmen Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Minggu (29/8/2021). 


Adapun bibit tanaman buah yang ditanam yakni bibit durian (5 pohon), bibit mangga (15 pohon), bibit Manggis (5 pohon), bibit pinang (20 pohon), bunga asoka (50 pohon), bunga pucuk merah ( 5 pohon ) jambu klutuk (5 pohon), bunga kertas (10 pohon), bibit jeruk (2 pohon), bibit kelapa pandan ( 2 Pohon ) dan bibit jambu air (10 pohon). 



Ketua PC GP Ansor Deliserdang, Joel Pulungan, mengatakan ada, sekitar 100 bibit pohon buah dan tanaman yang ditanam di RPS Deliserdang, dari kolaborasi GP Ansor - Banser Deliserdang dengan menerapkan protokol kesehatan. 


Kegiatan sosial dengan mengampanyekan Go Green ini, untuk menyelamatkan bumi dengan dilakukan penghijauan lingkungan RPS Deliserdang.


"Tujuan kegiatan ini, yang pertama Go Green di lingkungan UPT RPS Deliserdang. Kedua, sebagai pelindung untuk mengurangi dampak bila terjadi angin puting beliung. Ketiga, sesuai nawacita bupati/wakil bupati Deliserdang, menciptakan RPS BERSERI (bersih,rapi,sejuk,rindang dan indah," kata Joel. 


Selain itu, lanjut Joel, kegiatan ini sebagai bentuk syukur karena baru pertama kali RPS Deliserdang ada di Sumut. Nantinya, pohon dan tanaman ini diharapkan bermanfaat untuk para penghuni RPS. 


"Harapan kita RPS Berseri dapat terwujud sesuai nawacita bupati/wakil bupati, menjadikan Kabupaten Deliserdang BERSERI, serta Pohon-pohon yang ditanam ini menjadi penyejuk di lingkungan RPS. 


"Kami juga berharap semoga nanti akan ada RPS lain di kabupaten/kota lainnya," ujarnya. 


Sementara itu, Kepala UPT RPS Dinas Sosial Deliserdang, Herry Purwanto, mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor- Banser Deliserdang, yang melakukan peduli sosial di lingkungan RPS. 


"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor - Banser Deliserdang yang memilih RPS ini untuk melakukan kegiatan sosial ini," sebutnya. 


Herry menjelaskan, RPS didirikan untuk menampung pelayanan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti gelandangan, lansia, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lainnya. Saat ini, ada tiga orang pasien yang menghuni RPS Deliserdang, dua diantaranya sudah dikembalikan ke keluarganya. 


"Kita berharap, kerja sama ini dapat terjalin lebih baik. GP Ansor - Banser Deliserdang dapat membantu dalam hal masalah sosial kegiatan lainnya," ungkapnya. (Ril) 



Share on Social Media