Batam

Polsek Sekupang Bersama Kelompok Tani Tanam 100 Bibit Pohon

Juliadi | Rabu 23 Aug 2023 11:17 WIB | 423

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri


Polsek Sekupang bersama kelompok Tani, Rabu (23/8/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM --  Saat ini Kota Batam dihadapkan pada perubahan cuaca yang cukup ekstrim, salah satunya dikarenakan hutan sebagai penghasil oksigen juga semakin habis sehingga  mengakibatkan pemanasan global. Lahan kritis di sekitar terus bertambah seirama dengan perkembangan ekonomi.


Menyikapi hal ini, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang Kompol Z.A. Christopher Tamba, S.H beserta Personil Polsek Sekupang dan Kelompok Tani Hutan Kampung dangas hijau makmur menggelar kegiatan Bakti Sosial penanaman pohon secara Serentak dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 gerakan penghijauan dengan penanaman pohon di Hutan Kampung dangas RT 002 RW 0020 Tanjung Pinggir Kecamatan Sekupang Kota Batam, Rabu (23/8/2023).


Kegiatan tersebut adalah bentuk semangat "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini" juga merupakan kepedulian Polri khususnya Polsek Sekupang untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam, serta penanaman pohon dapat mengantisipasi perubahan cuaca ekstrim yang saat ini terjadi.


Sebanyak 100 bibit pohon durian, mangga dan Petai yang digunakan pada pelaksanaan penanaman pohon bersama Polsek Sekupang


“Pagi ini kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi Peduli Penghijauan, kita awali pelaksanaan apel terlebih dahulu di Mako Polsek Sekupang dilanjutkan  dengan menanam 100 pohon berbagai jenis tanaman ada tanaman durian, mangga dan jambu di Kampung dangas Tanjung Pinggir, gerakan Polri Lestarikan Negeri penghijauan sejak dini tidak hanya dilaksanakan di Polsek Sekupang namun dilaksanakan di seluruh jajaran kepolisian baik Polda hingga Polres. Penghijauan ini penting dilakukan guna menangani krisis lingkungan,” ungkap Kompol Tamba. 


Kompol Tamba juga menambahkan, bahwa dengan menanam 1 pohon, berarti telah peduli dengan anak dan cucu generasi yang akan datang.


“Satu Pohon yang kita tanam, berarti kita telah peduli dengan anak cucu kita. Dengan menanam pohon banyak sekali manfaat yang akan diperoleh, bisa manambah produksi oksigen, jika tanaman buah bisa dimanfaatkan buahnya, dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir dan erosi. intinya jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita, oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita,” imbau Kompol Tamba. 


Program Polisi Peduli Penghijauan merupakan gagasan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listiyo Sigit Prabowo, M.Si yang dilaksanakan di seluruh jajaran kepolisian.


Kegiatan Polisi peduli penghijauan ini merupakan gagasan dari Kapolri sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup, yang mana harus dirawat dan di jaga kelestariannya agar bisa dimanfaatkan oleh anak cucu kita di masa yang akan datang, selain itu dengan kejadian banjir yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan, salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya.


Kegiatan Polisi peduli penghijauan yang dilaksanakan oleh Polsek Sekupang mendapatkan apresiasi dari Fatma selaku Ketua Tani Hutan Kampung Dangas


"Terimakasih dari kami kelompok Tani kepada Kapolsek Sekupang telah bersama sama dengan warga melaksanakan penghijauan di Hutan Kampung dangas dan menjadi contoh bagi yang lain untuk menghijaukan kembali hutan yang ada di Kota Batam Khususnya Kecamatan Sekupang," pungkas Fatma. (*/Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media