Batam, News, Kesehatan

Beni:Impikan Batam Bebas Sampah, Tapi warga kurang Kepedulian

| Sabtu 27 Apr 2019 11:44 WIB | 3908

Lingkungan Hidup


Demi Batam bisa bersih kondisi panas dan hujan mereka lalui (Foto:Agung /Matakepri.com)


MATAKEPRI.COM, Sagulung - Sampah adalah merupakan benda dan sebuah kosakata elok  diucapkan. Akan tetapi "sampah" tidak pernah akan jauh dari kehidupan manusia sehari-hari. Setiap harinya setiap orang akan bisa hasilkan bermacam-macam sampah baik organik maupun non organik.

Berdasar pada info yang di keluarkan Badan Pusat Statistik Nasional(BPSN) di tahun 2017 mengatakan setiap penduduk menghasilkan 0,52-0,7 kilogram setiap hari. Karena itu perlu kesadaran bagi masyarakat Indonesia untuk hidup bersih, baik kita sendiri mau lingkungan. Saat sekarang mulailah kumpulkan sampah dipekarangan rumah ataupun di Tempat dan tarok di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). 

Lain halnya dengan Beni dan Mull yang Petugas kebersihan Kota Batam yang bekerja setiap harinya membawa sampah yang ada di TPS. Beni yang bertugas sebagai sopir dan Mul sebagai pengambil sampah. Disela-sela mereka bertugas matakepri.com mereka menceritakan sedikit keluh kesah saat bertugas. 

Kedua petugas bergaji UMK per bulan, dia dan teman nya ditugaskan seputaran area Sungai Langkai yang akan membawa lima box sampah (5 trip) perhari, menuju Tempat Pembuangan Akhir ( TPA )  yang berlokasi di Telaga Punggur.

" Kita sehari ditugaskan harus bisa membawa lima box dalam satu hari ke  TPA Punggur. Misalkan kami kurang satu aja pasti dipertanyakan karna itu sudah peraturannya. Kalau tentang penetapan wilayah" jangan sampai pindah"kami udah cocok ama warga sini, "ucap Beni Jum'at (26/4) siang. 

Walau kondisi cuaca lagi hujan seperti  pengangkutan sampah harus tetap berjalan, kalau hujan gini mah udah biasa mas, Yang penting bukan mobil nya yang rusak.


Beni juga berharap agar warga sekitar peduli, dan tidak buang sampah sembarang, kan sudah banyak Tong sampah yang di sediakan. Tempat Pembuangan Sementara ( TPS ) juga ada, Biar semuanya bersih.

"Saya berharap dan berdoa semoga semua warga peduli atas lingkungan dia sendiri dan sekitarnya. Kalau itu terjadi yang akan tersenyum dan bahagia mereka sendiri," ujarnya.(CW6)



Share on Social Media