Batam

Menteri Perhubungan RI, Meninjau Langsung Kesiapan Angkutan Lebaran 2019 Di Batuampar

Juliadi | Sabtu 25 May 2019 16:12 WIB | 3774

BP Batam
Menteri/Wamen


Menteri Perhubungan RI, Budi Karya, saat meninjau kesiapan Angkutan Laut di Batuampar


MATAKEPRI.COM, Batam - Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, berkunjung ke Batam untuk meninjau  kesiapan angkutan lebaran tahun 2019, bertempat di Pelabuhan Batu Ampar, Sabtu (25/5/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Budi Karya Sumadi didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L Tobing, Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Kelas I Kualanamu Medan, Bintang Hidayat, Kepala Kantor Pelabuhan Laut BP Batam serta rombongan melakukan peninjauan di area Kapal Motor Penumpang Kmp Loro Londo untuk berkomunikasi dengan awak kapal dan penumpang yang ada di Pelabuhan Batu Ampar.

Menjelang arus mudik lebaran, terdapat peralihan jumlah penumpang yang memilih jalur laut, akan tetapi tidak banyak, untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, Budi Karya, meminta bantuan kerjasama Gubernur Kepuluan Riau, Kepala BP Batam serta Direktur Utama Pelni untuk menambah fasilitas seperti tenda-tenda di lokasi kontainer, pelayanan-pelayanan kesehatan, serta jam keberangkatan yang tepat waktu. 

Dikatakan Budi, untuk Kedepan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait penempatan pelabuhan penumpang, ditempatkan di Batu Ampar atau Sekupang. Untuk arus mudik lebaran kali ini, Kementerian Perhubungan menugaskan agar PT. Pelni untuk menambah jumlah frekuensi kapal. 

Ditempat yang sama, Edy Putra Irawady menyampaikan, bahwa rencana dalam waktu pendek, 10 hari menjelang lebaran, BP Batam makan meningkatan fasilitas dan juga pelayanan yang ada di Pelabuhan Batu Ampar demi kenyamanan penumpang. 

Edy, berharap dengan adanya kunjungan kerja Menteri Perhubungan, pihak BP Batam akan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pelni, Pelabuhan, dan Dinas untuk evaluasi, dan untuk ke depannya jika rencananya Batu Ampar untuk pelabuhan kontainer, lebih baik kembali lagi ke Pelabuhan Sekupang.

Kunjungan yang berlangsung selama lebih kurang 1 jam tersebut berjalan tertib dan aman, selanjutnya Menteri Perhubungan RI beserta rombongan menuju Bandara Hang Nadim untuk melanjutkan kunjungan kerja menuju Kalimantan Tengah. 

Sambil meninjau lokasi persiapan, Menteri Perhubungan RI, juga berbincang dengan para penumpang yang sedang menunggu kapal berangkat. (Adi) 



Share on Social Media