Batam, News

Ini Keunggulan Self Service Yang Ada di Rutan Batam

Agung | Selasa 17 Sep 2019 09:00 WIB | 367

Pemko Batam
inspirasi
Rutan


Karutan, KPR dan Kasupsi pelayanan Rutan yang tenafh mengenalkan alat Self Service kepda para WBP. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - inovasi terus diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) untuk seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia, satu alat yang baru di lakukan launching pada senin (16/9) kemarin adalah Self Service.


Self Service ini merupakan alat yang bisa memberikan seluruh informasi dari para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) hanya dengan menempelkan sidik jari(finger print) pada alat tersebut.


Tak hanya itu, Kepala Rutan Kelas IIA Barelang saat melakukan launching dan perkenalan alat tersebut kepada seluruh WBP juga mengatakan bahwa pihak keluarga terdekat pun bisa mengetahui seluruh informasi dari keluarga nya yang saat ini telah berada di Rutan Batam.


Baca juga : Lakukan Launching Pertama di Indonesia, Self Service Hadir di Rutan Batam


Untuk cara penggunaan bagi pihak keluarga pun sama. Cukup tempelkan jari, maka seluruh Informasi akan Langsung di tampilkan.


"Sebelum nya memang telah kita lakukan perekaman sidik jari kepada seluruh WBP, dan pada tahapan selanjutnya akan kita lakukan perekaman juga kepada salah satu keluarga dekat mereka. Baru kita lakukan singkronisasi data," Kata Robinson Peranginangin saat di temui pewarta pada Senin (16/9) kemarin.


Informasi yang ditampilkan pun cukup lengkap,dari mulai biodata WBP, kasus yang dilakukan, masa tahanan, remisi yang di dapatkan, serta pengampunan lainnya.


Dengan kehadiran alat ini, diharapkan mampu menunjang pelayanan kepada para WBP. "Karena sebelumnya, untuk informasi pelayanan kita lakukan secara manual," Imbuhnya.


Masih dari Karutan Batam, alat ini juga telah siap untuk beroperasi. Dan juga telah diberikan informasi penggunaan teknis alat Self Service tersebut kepada seluruh WBP rutan Batam.


Robinson juga menghimbau kepada seluruh WBP, untuk sama-sama menjaga alat tersebut. agar alat tersebut bisa digunakan oleh seluruh warga yang ada di Batam.


"Pastikan jari tangannya bersih, dan kering sebelum di tempelkan, biar alat ini bisa terus di gunakan oleh seluruh WBP. Kalau ada alat ini kan jadi mudah dan cepat kan buat dapet informasi," Himbau nya kepada para WBP. (AM)