Nasional , News

Padamkan Kebakaran Lahan, Babinsa Utan Bahu Membahu bersama Warga

Juliadi | Rabu 09 Oct 2019 20:08 WIB | 3357

TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Sumbawa - Terjadi kebakaran lahan di kompleks ladang masyarakat di wilayah Dusun Ai Papang, Desa Motong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Selasa (8/10/2019).


Kebakaran ini awalnya diketahui oleh salah satu anggota Polhut Kec. Utan, Sdr. Palehan yang melaporkan kebakaran tersebut ke Danramil 1607-09/Utan Rhee, Kapten Inf Robert Patipeloy. Saat itu juga Danramil langsung memerintahkan Babinsanya yaitu Serda Salim Rudin untuk segera turun kelokasi kejadian dan membantu masyarakat untuk memadamkan api.


Tim Gabungan Kecamatan Utan yang terdiri dari Babinsa 09/Utan Rhee Serda Salim Rudin, Polhut Kecamatan Utan, Staf Kantor Kecamatan Utan dan Staf Desa Motong bersama masyarakat bahu membahu memadamkan api menggunakan alat seadanya. Sekitar pukul 12.30 Wita akhirnya api dapat dipadamkan.


Kebakaran ini terjadi diduga dikarenakan masyarakat yang memiliki lahan perkebunan membakar rumput dan ranting kayu sehingga api dapat menjalar ke tempat lain yang disebabkan angin sangat kencang. Kejadian kebakaran ini sudah sering terjadi dan dibutuhkan kesadaran yang tinggi oleh semua pihak dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari berbagai macam musibah kebakaran.


Dalam kesempatan lain, Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc menyampaikan himbauan, “agar kepada setiap warga untuk tidak membakar tumbuhan liar sembarangan. Terlebih akhir ini merupakan musim kemarau yang dapat memicu terjadinya kebakaran yang dampaknya akan lebih luas lagi”, tegas Dandim. (***) 


Sumber : Pendim 1607/Sumbawa



Share on Social Media