Batam, Hukum & Kriminal, Kepri

Ditresnarkoba Polda Kepri Musnahkan 1,2 Kg Sabu

Egi | Kamis 28 Nov 2019 14:15 WIB | 1746

Polda Kepri


Sabu seberat 1,2 Kg dimusnahkan di Mapolda Kepri (Foto:ist)


MATAKEPRI.COM,Batam – Ditresnarkoba Polda Kepri melaksanakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1.220,7 gram , pada hari Kamis (28/11) di Mapolda Kepri.


Wadir Resnarkoba Polda Kepri AKBP S.O.M. Pardede S.IK mengatakan barang bukti narkotika yang dimusanahkan didapatkan dari tiga orang tersangka dengan inisial Y L, A M dan E L dari dua kasus berbeda bulan November 2019


Kasus pertama dengan tersangka Inisial Y L, pada senin (11/11), dilakukan penangkapan terhadap tersangka YL di SPBU jalan raya Bandara, Nongsa, Batam.


"Ketika dilakukan pengeledahan badan dan mobil tersangka, ditemukan satu buah plastik berisikan dua bungkus plastik berisikan kristal bening narkotika jenis sabu dengan berat 220 gram. Selanjutnya tersangka diamankan ke kantor Ditresnarkoba Polda Kepri,"ucap Wadir Resnarkoba Polda Kepri AKBP S.O.M. Pardede S.IK.


Dari jumlah 220 gram narkotika jenis sabu dimusnahan sebanyak 195,2 gram pemeriksaan di Puslabfor Polri sebanyak 20,8 gram dan untuk pembuktian dipengadilan sebanyak 4 gram. 


Berikutnya kasus kedua dengan tersangka inisial A M dan insial E L, merupakan dua orang anak dibawah umur sehingga tidak dihadirkan pada saat pemusnahan barang bukti. Inisial A M dilakukan penangkapan pada Kamis (14/11) di pinggir jalan Brigjen Katamso-Sei Binti, Sagulung Kota Batam.


"Saat dilakukan penggeledahan ditemukan 1 bungkus plastik merk Guanyinwang yang didalamnya berisikan kristal bening Narkotika jenis sabu dengan berat 1.060 gram dan ditemukan juga 2 bungkus plastik warna hitam yang didalamnya terdapat 1.000 butir tablet Erimin,"ungkapnya.


Selanjutnya dilakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka Inisial E L, dari hasil pemeriksaan bahwa kedua tersangka mendapatkan barang haram tersebut dari SM yang saat ini masih dalam Daftar pencarian Orang (DPO).


Dari Barang bukti Narkotika jenis sabu seberat 1.060 gram, dimusnahan sebanyak 1.025,5 gram, untuk pemeriksaan Puslabfor Polri sebanyak 32,5 gram dan untuk pembuktian dipengadilan sebanyak 2 gram, sedangkan 1.000 butir tablet Erimin tidak dimusnahkan namun akan dijadikan sebagai alat pembuktian di Pengadilan. 


"Seluruh barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1.220,7 gram dimusnahkan dengan cara direbus kedalam air panas lalu selanjutnya air tersebut dibuang kedalam Septic Tank,"tutupnya.


Para tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) dan pasal 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 62 undang-undang nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.(EAG)




Share on Social Media