Batam, News

Strategi Pengendalian Karhutla Tingkat Nasional Daops Se-Indonesia

Juliadi | Selasa 24 Dec 2019 21:13 WIB | 3387

Menteri/Wamen
Hutan
Karhutla


Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar Memberikan Penghargaan Kepada Manggala Agni Atas Dedikasi Dalam Penanganan Karhutla Di I


MATAKEPRI.COM, BATAM - Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (kemenlhk) RI mengikuti kegiatan Setrategi Pengendalian Karhutla tahun 2020, bertempat di halaman gedung Manggala Wanabakti, Kamis (19/12/2019) lalu. 


Hal tersebut di sampaikan oleh Humas Manggala Agni Daops Batam, Hermansyah, Selasa (24/12/2019). 


Menurut Herman, Manggala Agni Daops Batam merupakan salah satu dari 34 Daerah Operasional yang diutus untuk mengikuti acara tersebut yang terdiri dari 68 orang peserta perwakilan dari seluruh Daerah Operasional Pengendalian Karhutlah di seluruh wilayah kerja di Indonesia.


Kegiatan Strategi Pengendalian Karhutlah 2020 hari ini di hadiri oleh Menlhk Siti Nurbaya Bakar di dampingi Oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Dr Ir Ruandha Agung Sugariman. , M.Sc, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Ir Raffles Brotestes Panjaitan., M.Sc, Beserta Staff Kemenlhk 


Siti Nurbaya Bakar Memberikan Penghargaan Kepada Manggala Agni Atas Dedikasi Dalam Penanganan Karhutla Di Indonesia


Dalam kegiatan tersebut Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, memberikan apresiasi melalui pengahargaan kepada Manggala Agni perwakilan Daerah Operasional Pengendalian Karutlah yg ada di seluruh wilayah kerja di Indonesia dalam bentuk piagam penghargaan atas dedikasih dan pengabdian Manggala Agni yang selama ini telah melakukan tugasnya terkait pengendalian karhutlah, baik itu pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran hutan dan lahan di seluruh indonesia.


Pada kegiatan tersebut  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar berpesan kepada seluruh anggota Manggala Agni agar selalu waspada menghadapi karhutla , karena  Manggala Agni merupakan ujung tombak dalam penanganan Karhutla. Beliau Juga Menyampaikan  bahwa seluruh anggota Manggala Agni KLHK seluruh Indonesia sejumlah 1875  orang Manggala Agni telah diajukan untuk menjadi pegawai pemerintah dengan jabatan fungsional Manggala Agni atau setara dengan fungsional lainnya seperti Polisi Hutan, Pengendali Ekosistem Hutan, dan jabatan fungsional lainnya. Dirjen dan Sekjen KLHK  diperintahkan untuk  berkoordinasi dengan Kemenpan RB agar dalam bulan januari harus mendapatkan kepastian terkait usulan jabatan fungsional Manggala Agni tersebut. 


Disela sela acara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyempatkan bertemu ramah dengan seluruh anggota Manggala Agni.


Kegiatan yang bertemakan Strategi Pengendalian Karhutla  ini merupakan persiapan menghadapi tahun 2020 yang mungkin mengalami kemunduran, dan sebagian besar wilayah Indonesia mulai memasuki musim hujan pada bulan November kecuali untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dimulai sejak pertengahan Oktober 2019, berdasarkan hasil monitoring dan analisa dinamika atmosfer, BMKG memprediksi bahwa pada tahun 2020 tidak terindikasi akan terjadi El- Nino yang kuat. Berdasarkan hasil pengamatan dari Satelit NOAA dan NASA (Amerika) serta JAMSTEC (Jepang) dapat diprediksi hasil yang serupa. 


Pembahaasan Strategi Pengendalian Karhutla ini dilaksanakan agar lebih meningkatkan  kesiapsiagaan untuk menghadapi Bencana Karhutla kedepannya, walaupun harapan kita agar tidak lagi terjadi kejadian karhutlah dimasa mendatang. 


Sebab Manggala Agni merupakan ujung tombak, garda terdepan dalam pencegahan, pemadaman, dan penanganan pasca karhutlah. Namun ketika musim hujan tiba Manggala Agni dapat melakukan dan mengembangkan lebih banyak inovasi terkait pencegahan, seperti melakukan Pembinaan MPA dengan menerapkan Pembukaan Lahan Tampa Bakar, kampanye pengendalian karhutlah, sosialisasi ke masyarakat dan kegiatan lainnya yang bersifat pencegahan. (Adi) 



Share on Social Media