Otomotif, Nasional , News

Asal Muasal Spion di Mobil Yang Sangat Membantu Para Pengemudi

| Rabu 26 Feb 2020 09:30 WIB | 1008



Ilustrasi.


MATAKEPRI.COM JAKARTA -- Kaca spion merupakan perangkat penting yang wajib ada pada sebuah kendaraan bermotor. Kaca spion berfungsi untuk memantau lalu lintas di sekitar yang tidak bisa dijangkau mata pengendara, terutama area belakang. Tapi tahukah Anda bahwa sejarah kaca spion berasal dari arena balap?


Melansir dari New York Times, sejarah kaca spion berawal dari ajang balap Indianapolis 500 yang digelar pada bulan Mei 1911. Kala itu seorang pebalap bernama Ray Harroun duduk di cockpit mobilnya seorang diri. Padahal saat itu 39 mobil lainnya memiliki dua orang di mobil. Satu orang sebagai pengemudi dan satu orang sebagai asisten yang bertugas melihat situasi di belakang untuk melaporkannya kepada pengemudi.

Kaca spion yang pertama kali terpasang pada tahun 1911. (Ist)


Apa yang dilakukan Harroun dianggap berbahaya oleh para pesaingnya. Sebab tanpa asisten yang mengintai situasi di belakang, berpotensi menimbulkan kecelakaan. Tapi tidak banyak yang tahu jika Harroun menyiasati ketiadaan asisten itu dengan sebuah kaca spion yang ia pasang di mobilnya.



Harroun memasang kaca berukuran 7 cm x 20 cm pada sebuah kotak darurat di atas dasbornya. Kaca spion ini pun diklaim menjadi yang pertama dipasang pada sebuah kendaraan bermotor.


Dengan tidak adanya asisten, Harroun mendapat keuntungan besar karena bobot pengendara berkurang drastis. Tapi di sisi lain Harroun tetap melakukan balap secara aman dengan memakai kaca spion tersebut. Ia pun memenangi balapan, dengan kecepatan maksimal rata-rata hingga 257 km/jam.


kaca spion yang pertamakali terpasang di mobil balap. (Ist)


Tak lama setelah balapan itu, kaca spion mulai diterapkan di mobil penumpang. "Sejauh yang kami tahu Ray Harroun jadi yang pertama kali memasang kaca spion pada sebuah mobil," kata sejarawan Indianapolis Motor Speedway, Donald Davidson.



Sedikit cerita, Harroun mendapat inspirasi memasang kaca spion tersebut saat ia bekerja sebagai sopir di Chicago pada 1904. Harroun yang kala itu bekerja untuk bos Montgomery Ward, William Thorne, melihat kereta kuda dengan sebuah cermin.


"Dia melihat pengemudi kereta kuda itu duduk di atas dengan sebuah topi. Dan dia melihat ada sebuah tiang, yang dilengkapi sebuah cermin," terang Donald.



(***)
Sumber detikoto



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait