Batam, News, Kepri

Dampak Covid-19, PEJABAT Kota Batam Salurkan Ratusan Paket Sembako

Egi | Rabu 13 May 2020 19:40 WIB | 1726

Covid-19
Sembako


Ketua Dewan Pendiri PEJABAT Kota Batam, DR. Soerya Respationo (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap masyarakat yang kesulitan akibat terdampak Covid-19, Persaudaraan Jawa Batak Tionghoa (PEJABAT) Kota Batam memberikan ratusan paket bantuan sembako.


Penyerahan bantuan sembako dilaksanakan di halaman Kantor Firma Hukum RR (Respaty dan Rekan), yang berlokasi di Graha Kadin, Jl. Engku Putri Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, Selasa, 12 Mei 2020.


Sebanyak 600 paket bantuan sembako akan disalurkan ke sembilan kecamatan yang ada di daerah mainland Kota Batam, tujuannya untuk membantu masyarakat yang terkena imbas dari wabah Covid-19 serta memastikan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan kebutuhan pangan.


“Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan sembako seperti beras, mie instan, minyak goreng, dan sebagainya. Diharapkan bantuan yang diberikan ini dapat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan sehari-hari selama masa sulit akibat Covid-19,” ujar Ketua Dewan Pendiri PEJABAT Kota Batam, DR. Soerya Respationo usai penyerahan sembako.


Lebih lanjut Soerya mengatakan, awal mula didirikannya organisasi Pejabat ini adalah untuk memerangi perbedaan yang mengarah kepada konflik antar suku dan golongan yang disebut SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). 


Dikatakannya, pihaknya tidak lagi ingin mendengar adanya perbedaan ditengah masyarakat. Pihaknya tidak ingin lagi mendengar adanya warga negara kelas satu dan warga negara kelas dua. 


"Kita tidak mau lagi dipecah-pecahkan dengan mengatasnamakan suku, agama dan golongan. Kita mau semuanya bersaudara, berbekal dari Sumpah Pemuda yang sudah diikrarkan para pahlawan kita sejak 1928 silam," imbuh Soerya.


Atas dasar itulah lanjut Soerya, berdasarkan hasil pembicaraan sejumlah saudara-saudara kita dari suku Jawa, suku Batak dan suku Tionghoa, pihaknya sepakat bahwa masyarakat di Batam jangan lagi mau dipecah-pecah dengan adanya unsur suku, golongan, ras, hingga agama, maka berdirilah paguyuban Pejabat.


"Selaku pendiri dari organisasi ini, saya meminta jangan ada lagi perbedaan ditengah masyarakat. Saya juga berharap dengan terbentuknya Pejabat ini akan menjadi pilot project untuk mewujudkan persaudaraan dengan semua suku yang ada di Batam," ungkap mantan Wakil Gubernur Kepri ini.


Soerya juga mengingatkan, ditengah masa pandemi virus corona ini agar seluruh anggota dan pengurus Pejabat Kota Batam, tetap menanamkan rasa optimisme. Terus turun ke masyarakat, berikan yang terbaik untuk masyarakat.


"Badai pasti berlalu, jangan pernah pesimis kita harus tetap optimis. Semoga wabah virus ini cepat sirna dan kembali kesediakala,” pintanya.


Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto yang berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, mewakili rakyat Kota Batam pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pejabat Kota Batam atas bantuan yang telah diberikan ini.


"Mudah-mudahan Pejabat Kota Batam kedepannya semakin eksis dan tambah jaya. Dan, semoga kegiatan yang dilakukan bisa menjadi contoh untuk organisasi-organisasi lainnya yang ada di kota batam," tutur Nuryanto.


Sementara, ditempat yang sama Ketua Umum Pejabat Kota Batam, Darwis Siagian juga menuturkan bantuan sembako ini akan disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu di masing-masing kecamatan. Bantuan akan disalurkan melalui Sekretariat Bersama (Sekber) yang telah terbentuk dimasing-masing kecamatan.


“Adanya kegiatan siang ini merupakan simbolis saja, dimana nanti pihak sekretariat yang mendata warganya di kecamatan, mengambil bantuan paket sembako disini, yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat,” jelas Darwis.


Selaku Ketua Umum juga memberikan tanggapan terima kasihnya kepada pihak donatur, yang telah ikut serta dalam penyediaan paket sembako bagi warga tidak mampu ini.


"Karena paket ini tersedia atas inisiatif hasil patungan bersama para pengurus Pejabat, yang didukung oleh Pak Soerya dan kemudian didukung oleh para donatur," pungkasnya. (egi)



Share on Social Media