Batam

Bandara Internasional Hang Nadim Batam Kantongi Klasifikasi Bandara Kelas Utama

Juliadi | Jumat 10 Jul 2020 10:53 WIB | 3363

BP Batam
Aset Daerah


Direktur BUBU dan TIK Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso, Kamis (9/7/2020). Foto: Adi/MK


MATAKEPRI.COM BATAM -- Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah mengantongi klasifikasi sebagai Bandara Kelas Utama sejak 10 tahun lalu, yang memiliki kemampuan dan kehandalan tersendiri.


Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Suwarso, kepada awak media, Kamis (9/7/2020) kemarin.


Suwarso menjelaskan fasilitas dan keunggulan yang dimiliki Bandara Internasional Hang Nadim Batam yakni memiliki landas pacu yang terpanjang di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara Internasional Kuala Lumpur Kuala Lumpur.


Selain itu, lanjut Suwarso, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga memiliki garbarata 6 gate 10 aviobridge dan kapasitas apron dengan luas 690mx140m dan 225m x 49m dan memiliki fasilitas keselamatan penerbangan dan sudah mengantongi kategori 9.


Dikatakan Suwarso, Katagori 9 dilengkapi dengan berbagai fasilitas penting didalamnya, diantaranya dari mobil pemadam kebakaran dengan daya tampung air 2.400 liter, operasional sudah 24 jam lebih hingga memiliki instrumen landing system atau alat bantu keselamatan pendaratan pesawat juga ada.


Suwarso mengatakan, di Bandara Hang Nadim juga memiliki fasilitas lainnya, seperti Air Traffic Control & Navigational Aids yang didukung oleh Radar Surveillance Tanjungpinang.


Suwarso menambahkan, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga memiliki tiga unit Foam Tender Tipe I Kapasitas 12.500 Liter, dua unit Foam Tender Tipe II Kapasitas 10.000 Liter, satu unit Foam Tender Tipe IV kapasitas 5.000 Liter dan satu unit Rapid Intervention Vehicle (RIV) dan dua unit Nurse Tender, satu unit Ambulance, satu unit Commando Car, satu unit Utility. (Adi) 



Share on Social Media