Batam

Diduga Penyebab Terjadinya Banjir, Kios Kaki-5 Belakang Newton Nagoya (SAKTI) Tidak Tersentuh Proyek

Maman | Selasa 03 Aug 2021 16:22 WIB | 1189

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Banjir/Bencana alam


Deretan kios Kaki lima belakang newton


MATAKEPRI.COM, Batam - Saat ini Proyek semenisasi dan drainase disepanjang jalan samping Hotel Bali menuju DC Mall Nagoya Kota Batam masih berjalan. Namun disayangkan tidak menyentuh keberadaan kios Kaki lima yang telah lama berdiri secara permanent yang diduga sebagai penyebab terjadinya banjir akibat tidak berfungsinya dranaise dibawah kios tersebut.

Seperti dilansir HINEWS.id Senin (02/07/2021) adanya sikap arogan dari pemilik lapak Kios Kaki Lima yang terkesan sepertinya tidak mendukung dengan adanya  program pembangunan proyek semenisasi dan dranaise dilokasi tersebut, yang tujuannya adalah untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi manakala hujan turun dan selalu timbulkan dampak adanya genangan air dititik lokasi itu.

Disebutkan lebih jauh bahwa sikap yang dipertunjukkan oleh para pemilik kios Kaki Lima tersebut, tidak terlepas dari 'Tim Sukses Walikota Batam' yang diduga sebagai pihak yang membangun keberadaan Kios Kios Kaki Lima tersebut. 

Pada titik lokasi yang sering timbulkan genangan air dan banjir, didapati posisi kemiringan jalan pada salah satu sisinya memang agak menurun, sehingga ketika air meluap akibat debet air yang tinggi, air yang berlimpah ruah tidak bisa lagi tertampung oleh saluran dranaise nya dan langsung tumpah ruah ke badan jalan.

"Terlebih kondisi saluran dranaise nya juga sudah tidak berfungsi, dan diperparah lagi dengan adanya deretan Kios Kaki lima sepanjang jalan menuju DC Mall yang diduga telah turut menyumbangkan tumpukan sampah di titik lokasi itu sehingga genangan air selalu jadi pemandangan sehari-hari, akibatnya lingkungan jadi kumuh dan jauh dari kata sehat," ujar sumber Lagi.

Pasalnya, sepanjang jalan tersebut bersih dari adanya Kios Kios Kaki Lima, sehingga pihak pelaksana pengerjaan proyek pembangunan jalan dan dranaise itupun bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai bestak.

"Tentunya ini menjadi pertanyaan bagi kita semua mungkin kah semenisasi dan drainase disepanjang jalan samping Hotel Bali dibangun semua sedang kan dari simpang depan minimarket sepanjang jalan menuju DC Mall hanya ada perbaikan jalan dan  drainase tidak diperbaiki karena  disebabkan oleh adanya kios kaki lima, yang konon katanya miliki surat sakti karena dibangun oleh salah satu Tim sukses Walikota Batam sehingga tidak bisa dibongkar?" sambungnya separo mempertanyakan kewenangan pihak dinas terkait yang menurutnya tidak boleh tunduk oleh arogansi sekelompok orang, sehingga abaikan ketentuan dan peraturan daerah yang ada.

Hal senada sebagai bentuk penolakan atas adanya keberadaan Kios Kios Kaki Lima yang disebut-sebut dibangun oleh Tim Sukses nya Walikota Batam itu, muncul dari salah satu pemilik ruko yang berada  di depan Kios Kios Kaki Lima di lokasi tersebut, yang menyebutkan bahwa dampak dari kios-kios kaki lima itu dibangun secara pemanen telah akibatkan sampah-sampah jadi menumpuk dan lingkungan pun menjadi kumuh dan bau.(tim)

Sumber : HiNEWS.id




Share on Social Media