Batam

Lanud Hang Nadim Kembali Laksanakan Sertifikasi Pilot Drone

Juliadi | Kamis 03 Feb 2022 09:10 WIB | 1868

Pendidikan
Menteri/Wamen
TNI/Polri
Lanud


Istimewah


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim untuk kedua kalinya, akan melaksanakan pelatihan dan sertifikasi Basic Remote Pilot License Fasi XLVII pada masyarakat wilayah Batam dan sekitarnya di Markas Komando (Mako) Lanud Hang Nadim, Sabtu-Minggu (5-6/2/2022) besok.


Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi yang sangat pesat akan menghasilkan karya manusia yang memiliki dampak negatif dan positif bagi bagi kegiatan lainnya.

Perkembangan teknologi drone disalah satu sisi sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya namun disalah satu sisi sangat berpotensi mengancam keselamatan penerbangan.  

Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P, menjelaskan, dalam Peraturan Kementerian Perhubungan (Kememhub) Republik Indonesia (RI) melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 90 tahun 2015. 


Lanjut dikatakan Iwan, Permenhub ini mengatur kawasan penggunaan drone yang dengan tujuan agar tidak menggangu keselematan penerbangan meliputi daerah prohibit, restricted area dan controllled area dengan ketinggian maksimal 150 m atau 400 FT. P


Menurut Iwan, pengaturan drone oleh Kementerian Perhubungan berdasarkan kepentingan keselamatan penerbangan sesuai tugas dan fungsi Kemenhub RI.

“Kami sangat peduli keselamatan penerbangan dan kami juga peduli kepada para pengguna drone baik yang bersifat hobi maupun professional. Untuk itu kami berusaha mewadahi dan mengedukasi masyarakat agar lebih paham tentang penggunaan drone secara legal,” tutur Iwan, Kamis (3/2/2022) melalui rilis tertulisnya. 


“Saya menghimbau sekaligus mengajak kepada pengguna drone untuk bergabung di pelatihan yang akan kami laksanakan dua hari mendatang karena disitu akan diperoleh banyak ilmu dan aturan-aturan yang wajib diketahui bagi pengguna drone,” tutup Iwan.



Share on Social Media