Nasional

Ketua Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/ Natuna Bersama Pengurus Panen Sayuran Sawi

Juliadi | Kamis 25 Aug 2022 13:24 WIB | 813

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas
AD/AL/AU
TNI/Polri


Pengurus Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/Natuna Koorcab Rem 033 PD I/BB, saat panen sayur sawi, Kamis (25/8/2022)


MATAKEPRI.COM, NATUNA -- Bertanam melalui hidroponik, Ketua Persatuan istri tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXLII Dim 0318/Natuna Koordinator cabang (koorcab) Resor militer (Rem) 033 Pengurus Daerah (PD) I/ Bukit Barisan (BB) melakukan panen sayur sawi bersama pengurus Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/Natuna koorcab Rem 033 PD I/ BB.


Ketua Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/Natuna koorcab Rem 033 PD I/ BB Nyonya Fathiah Hasbul Hasyiek Lubis, menyampaikan, sudah dua bulan mereka menanam sayuran jenis sawi dengan cara Hidroponik.


"Pada hari ini kamis 25 Agustus sudah waktunya kita panen," ucapnya, Kamis (25/8/2022) melalui rilis tertulis.


 Untuk itu, Nyonya Fathiah Hasbul Hasyiek Lubis bersama pengurus persit melaksanakan  panen sawi hasil penanaman secara Hidroponik dalam kegiatan peningkatan perekonomian keluarga.


Lanjut dikatakannya, walaupun lahan Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/ Natuna sangat terbatas, pengurus Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/Natuna Koorcab Rem 033 PD I/BB dengan senang hati memanfaatkan lahan kosong yang ada di kodim 0318/ Natuna.


"ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXLII mencoba mengembangkan tanaman jenis sayuran yang cocok dan bisa membantu perekonomian keluarga, untuk itu ibu-ibu Persit Kodim 0318/ Natuna menanam sayuran secara hidroponik dan tanaman dengan polibeg," ungkap Nyonya Fathiah Hasbul Hasyiek Lubis.


Menurutnya, penanaman sayuran sawi dengan Hidroponik dalam perawatan sangat mudah dan hasilnya cukup memuaskan, yang penting dalam pemberian nutrisi dan pengairan harus stabil jangan sampai terlambat, air harus terus mengalir.


Dikatakannya, hasil panen kali ini cukup memuaskan sehingga upaya mendukung program peningkatan perekonomian keluarga bisa terlaksana dan kedepannya akan di kembangkan dan di perluas lagi. Hal ini sesuai dengan program Persit yang  telah terprogram untuk kegiatan Persit dalam meningkatkan perekonomian keluarga, penanaman sayur sayuran skala rumah tangga ini merupakan hasil dari pemanfaatan lahan kosong yang berada di sekitar kantor selain tanaman sayuran, ditanam juga cabe rawit dan Terong di polibeg. 


“Hasilnya bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan menambah perekonomian keluarga,” katanya 


Dalam menyampaikan ibu ketua Persit mengajak pengurus Persit KCK Cabang XXLII Dim 0318/Natuna Koorcab Rem 033 PD I/BB agar mau berupaya memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan kosong yang ada di sekitar kantor dan rumah yang berada di asrama kodim 0318/Natuna tepatnya di jalan Bukit Arai Desa sungai ulu kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.


Dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada, para ibu-ibu Persit di bantu suaminya berupaya agar merubah lahan kosong yang ada  untuk dijadikan lahan produktif bisa melalui tanaman Hidroponik maupun tanaman yang menggunakan Polibeg.


“Saya berharap agar ibu ibu Persit dapat menjadikan lahan yang kosong di sekitar kantor dan tempat tinggalnya bisa dijadikan lahan yang lebih produktif jangan di biarkan yang tumbuh hanya rumput saja, tetapi ditanamilah tumbuhan ataupun sayur - sayuran yang bisa bermanfaat bagi keluarganya,”  tutupnya.



Share on Social Media