Bintan

Polres Bintan dan Polsek Bintan Timur Lakukan Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Batin

Juliadi | Minggu 06 Aug 2023 13:05 WIB | 676

Unjuk Rasa
Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas
Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Personil Polres Bintan dan Polsek Bintan Timur, Sabtu (5/8/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM, BINTAN -- Puluhan Personel Kepolisian resor (Polres) Bintan dan personel Kepolisian Sektor (Polsek) Bintan Timur melakukan pengamanan aksi unjuk rasa yang dilaksanakan oleh ormas Batin Kepri di kantor Pos Pengawasan PSDKP Provinsi Kepri Kijang, Sabtu (5/8/2023).


Ketua Batin Provinsi Kepri Andi Rio Ramandtha selaku koordinator aksi sangat berterimakasih dengan pengamanan yang dilakukan oleh Polri dengan humanis sehingga aksi unjuk rasa tersebut berjalan dengan aman hingga selesai.


“Kami ucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian yang telah mengawal dan melakukan pengamanan orasi kami ini, mungkin tanpa pengamanan yang dilakukan Polisi kami tidak bisa menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dengan aman,” ungkap Andi. 


Andi menyampaikan aspirasi dengan kajian terhadap peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2023 karena PP nomor 11 tahun 2023 tersebut dianggap pemerintah pusat terlalu dipaksakan karena pemerintah tidak ada melakukan diskusi / sosialisasi secara langsung.


Menurut Andi, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ormas Batin mendatangkan massa ribuan orang namun yang datang ke lokasi sekitar 50 orang, sehingga personel Polri yang diturunkan untuk melakukan pengamanan sebanyak 1 Kompi ditambah dengan TNI.


"Tampak keakraban massa dengan Polri di lokasi kerana aksi pengangaman dilakukan dengan humanis," ucap Andi. 


Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, SIK., MM melalui Kapolsek Bintan Bintan Timur AKP Rugianto menjelaskan, bahwa pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan sudah sesuai SOP baik penempatan personel maupun penggunaan peralatan pengamanan. 


“Kita lihat situasi di lapangan kalau skala besar tentunya kita akan turunkan pasukan pengamanan dengan jumlah besar dengan peralatan yang banyak, namun dilapangan jumlah massa tidak banyak dan melakukan orasi dengan damai sehingga peralatan tidak kita gunakan,” ungkap Rugianto. 


Rugianto juga mengucapkan terima kasih kepada korlap dan peserta unjuk rasa yang melakukan aksi yang menyampaikan orasi dengan damai dan tidak ada tindakan yang anarkis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media