Batam

Honda Kepri bersama Jasa Raharja Kepri Gelar Seminar Safety Riding

Juliadi | Selasa 26 Sep 2023 16:38 WIB | 568

Jasa Raharja
Transportasi
Capella


Kegiatan Seminar Safety Riding di Kampus Politeknik Negeri Batam, Selasa (26/9/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya Main Dealer Sepeda Motor Honda wilayah Kepri yakni PT. Capella Dinamik Nusantara - Kepri alias Honda Kepri kembali menggelar Seminar Safety Riding dengan target peserta mahasiswa-mahasiswi di wilayah Kepri. 


Kali ini giliran mahasiswa-mahasiswi di kampus Politeknik Negeri Batam yang menjadi target peserta seminar ini dengan tema “Bangga Menjadi Generasi Cari Aman”.


Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri Honda Kepri berkolaborasi dengan Jasa Raharja Cabang Kepri dalam penyelenggaraan seminar tersebut, dengan menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten dibidangnya antara lain AKPKartijo S.H., M.H selaku Kasigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Kepri; Christofer Valentino selaku Instruktur Safety Riding Honda Kepri dan Heidy Mahardiani Gandi, S.Kom, M.MKMT, AAAI-K, CHRM selaku Kepala Unit Keuangan, Akuntansi dan TJSL


Seminar dibuka dengan Doa dan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian kata sambutan dari Bapak Bambang Hermawan selaku Wakil Direktur II Kampus Politeknik Negeri Batam dan Ibu Heidy dari Jasa Raharja Cabang Kepri. 


Kemudian dilanjutkan acara inti yaitu pemaparan materi dari narasumber dan diskusi tanya jawab yang dipimpin oleh Reo Rizky Adi Saputro selaku Honda Customer Care Officer Honda Kepri.


Pemaparan materi yang pertama adalah materi Keselamatan berkendara dari kepolisian yang disampaikan oleh AKP Kartijo, S.H., M.H


Ia memaparkan materi antara lain tentang Data Kecelakaan di Indonesia khususnya di provinsi kepri, tata cara berkendara yang aman, prosedur keselamatan diri, sarana prasarana lalu lintas, bentuk pelanggaran, aturan dan sanksi yang berlaku, serta tilang elektronik alias E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).


Dilanjutkan Christofer Valentino atau yang akrab di panggil Valen memaparkan materi yang merujuk dari data kecelakaan yang tinggi di Indonesia yang sebenarnya disebabkan oleh 5 perilaku berkendara yang menyebabkan kecelakaan antara lain Ceroboh terhadap lalu lintas didepan, Gagal menjaga Jarak Aman, Ceroboh saat belok, Melampaui batas kecepatan, dan Ceroboh saat mendahului. Dan disini Valen memberikan tips untuk memperbaiki perilaku tersebut yakni dengan metode menjaga jarak yang sangat mudah diterapkan ketika berkendara dijalan yaitu dengan metode patokan waktu selama 3 detik dengan pengendara didepan kita, caranya dengan bantuan objek yang tidak bergerak yang ada dijalan misal tiang listrik.


“Jadi ketika kendaraan didepan kita melewati tiang listrik yang menjadi patokan kita, silahkan kita menghitung selama 3 detik, jika kita melewati tiang yang sama dibawah 3 detik maka jarak kita terlalu dekat maka yang harus kita lakukan haruslah memperlebar jarak kita lagi,” jelas Valen dalam acara tersebut, Selasa (26/9/2023). 


Kemudian Valen juga menyampaikan teknik pengereman sepeda motor yang tepat, dan saran lainya terkait memperbaiki perilaku yang menyebabkan kecelakaan tersebut yaitu dengan berlatih dengan fasilitas alat simulator Honda Riding Trainer yang tersebar di beberapa Dealer Honda di kepri, kemudian dengan pelatihan Safety Riding yang disediakan Honda, serta Sharing pengalaman kecelakaan dengan teman ataupun kerabat.


Dan materi terakhir adalah materi penutup dari Heidy Mahardiani Gandi, S.Kom, M.MKMT, AAAI-K, CHRM memaparkan materi terkait tugas dan fungsi dari Jasa Raharja sebagai  perusahaan Asuransi dengan penugasan pelaksanaan Undang-undang nomor 33 dan nomor 34 tahun 1964 yang berperan Memberikan Santunan, kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas sesuai dengan ketentuan Program Asuransi Kecelakaan Penumpang  Alat Angkutan Umum dan Lalu Lintas Jalan, serta Menghimpun dan mengelola dana, dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan, beliau menjelaskan besaran Iuran yang meliputi Besaran Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib berdasarkan jenis modanya masing-masing kemudian manfaat/benefit yang diterima oleh penerima santunan antara lain nominal santunan yang diterima berdasarkan Permenkeu Nomor 15 dan 16/Pmk. 010/2017, Prosedur pengajuan santunan, hingga data Penyerahan Santunan kepada penerima khususnya di wiliayah Kepri. 


Instruktur Safety Riding Honda juga memberikan demonstrasi singkat terkait Skill Teknik Berkendara di area track yang telah dipersiapkan, dan tentunya peserta berkesempatan mencoba berlatih teknik berkendara di track tersebut.


Dan dipenghujung acara seminar tak lupa peserta yang berhasil memenangkan kuis online diberikan hadiah menarik antara lain perlengkapan berkendara seperti Helm, Jaket, dan juga merchandise dari Honda dan Jasa Raharja.


“Harapan dengan terselenggaranya seminar ini angka dan fatalitas kecelakaan dapat menurun dan tentnunya dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Negeri Batam tetap memperhatikan kesalamatan saat di jalan,” tutup Christofer Valentino. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media