Batam

Kenang Jasa Pahlawan, Danlantamal Bersama Prajurit Ziarah ke TMP Bulang Gebang

Juliadi | Jumat 12 Jan 2024 18:51 WIB | 263

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Danlantamal IV, Laksma TNI Tjatur Soniarto didampingi ketua Jalasenastri Korcab IV DJA I tabur bunga di TMP, Jumat (12/1


MATAKEPRI.COM BATAM -- menjelang peringatan hari dharma samudera, Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Batam melaksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Bulang Gebang Batam, Jumat (12/1/2024).


Kegiatan ziarah ini dipimpin oleh Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla dan diikuti oleh seluruh prajurit jajaran TNI Angkatan Laut di wilayah Batam meliputi Yonmarhanlan IV Batam, Lantamal IV, serta Jalasenastri Korcab IV DJA I. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh pimpinan acara di tugu TMP Pusara Bhakti Bulang Gebang serta diakhiri dengan tabur bunga di makam prajurit TNI Angkatan Laut.


Danlantamal IV menyampaikan bahwa kegiatan ziarah dalam rangka rangkaian Hari Dharma Samudera yang merupakan bentuk penghormatan sebagai prajurit atas jasa para pahlawan dalam peperangan merebut Irian Barat ke Indonesia dari Belanda. 


Hal tersebut, kata Laksma Tjatur, yang membuat Indonesia mulai melancarkan operasi senyap dengan cara mengirimkan pasukan ke Irian. 


"Ada 3 Kapal Republik Indonesia (KRI) yang dilibatkan dalam operasi rahasia untuk mengintai kekuatan armada Belanda yang ada disekitar Irian Barat, yaitu KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau. Kita sebagai penerus bangsa, harus senantiasa turut serta dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI sebagaimana yang diinginkan para pendahulu-pendahulu kita," pungkasnya. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media