Batam

Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit, Danlantamal Pimpin Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera

Juliadi | Kamis 18 Jan 2024 18:47 WIB | 408

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM BATAM -- BATAM Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla memimpin upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 2024 yang digelar di Dermaga Lantamal IV Batam, Senin (15/1/2023).


Mengusung Tema, “Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional Dan Modern”, acara tersebut ditandai dengan pelarungan karangan bunga dan prosesi tabur bunga oleh Komandan Lantamal IV Batam Laksma TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla diikuti oleh para prajurit Yonmarhanlan IV, Prajurit Lantamal IV dan Seluruh Pejabat Utama Lantamal IV.


“Peringatan hari Dharma Samudera merupakan hari bersejarah bagi TNI Angkatan Laut, dimana pada hari itu diperingati, dengan tujuan untuk mengenang pertempuran di Laut  Arafuru yang menyebabkan gugurnya Komodor Yos Sudarso dan tenggelamnya Kapal Motor Torpedo Boat (MTB) RI Macan Tutul pada tanggal 15 Januari 1962 melawan Kapal Perang Belanda,” kata Danlantamal IV Batam Laksma TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla.


Lebih lanjut Danlantamal IV berharap peringatan Hari Dharma Samudera, yang menggambarkan keberanian Komodor Yos Sudarso, juga dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan TNI AL dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan nasional itu.


“Harapan kami, dengan dibukanya Satuan Pendidikan di beberapa daerah untuk merekrut Pemuda-pemuda bergabung dengan Angkatan Laut dan bisa meneruskan perjuangan Yos Sudarso  serta Pahlawan-pahlawan laut lainnya” ujar Laksma TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media