Lingga

Ngiler.. Sajian Kopi yang Mengedepankan Kebersihan di Dabo

| Jumat 06 Jan 2017 20:12 WIB | 3335



Salah satu tempat ngopi di Dabo


MATAKEPRI.COM, Lingga - Salah satu prilaku yang unik  dan khas bagi masyarakat Dabo adalah minum kopi. Bagi anda yang datang ke kota timah itu, jangan heran mendapatkan masyarakat duduk di dalam ruko, tak jarang mereka ngopi sambil ngobrol.

Berbagai tempat dan warung yang ada di sekitar pasar Dabo, anda pasti akan temukan warung kopi yang unik. Dengan berbagai macam model meja kopi yang ada, mulai dari meja panjang untuk pengunjung enam orang, sampai satu meja untuk empat atau meja untuk dua orang.

Uniknya lagi, berbagai kuliner untuk menemani anda sambil ngobrol berbagai macam model, seperti otak-otak, roti, kue, maupun makanan ringan lainnya.

Salah satu pemiliki warung kopi Asang, berusia 67 tahun, mulai buka warung kopi sejak usia belasan tahun.  Ia mulai buka usaha kuliner tersebut sekitar tahun 1950-an.

Ia mengaku buka usaha tersebut memang ketika usia belasan tahun, namun sudah turun temurun. Pada masa tersebut Dabo Singkep merupakan kota primadona penghasil alam yang kaya dengan khasnya yakni timah, maupun bouksit.

"Kita buka pagi pukul 06.00 WIB sampai sore pukul 18.00 WIB,"ujarnya Jum'at (6/1).

Dituturkan kepala keluarga tersebut, keunikan minum kopi tersebut karena setiap gelas untuk menyajikan setiap kopinya, selalu di panaskan (direbus) untuk menjaga sterilitas gelas. Serta menjaga kebersihan juga.

"Ya, gelasnya di sini di rebus dulu, baru disajikan kepada pengunjung,"imbuhnya.

Keunikan lainnya, diberbagai dinding warung kopi tersebut terdapat ornamen yang bercorak khas tiong hoa seperti dupa yang tergantung di depan ruko tersebut.

Bukan hanya di deretan pasar Dabo, berbagai tempat ngopi bagi pecandu kopi ada warung Kopi Simpang Jam, Warung kopi melati. Uniknya lagi berbagai kopi, mulai dari kopi robusta, kopi mix, kopi susu, hingga minuman tteh obeng menjadi kesukaan bagi pengunjung setia warung kopi.

"Sampai sekarang masih buka, setiap hari," imbuhnya. (jeyadi)



Share on Social Media