News

Ikura Sushi Dikenal Sangat Mahal, Lalu Kenapa Dipadukan dengan Mentimun? Ini Jawabannya

| Jumat 03 Feb 2017 10:32 WIB | 1661



Ikura sushi


MATAKEPRI.COM - Ikura sushi jadi favorit banyak orang. Karena memakai telur ikan salmon harganya relatif mahal. Tetapi mengapa disajikan dengan irisan mentimun?

Ikura suhsi memiliki teksturnya empuk renyah, perpaduan antara telur ikan salmon dan nasi lembut.

Mengapa ikura digemari walau harganya terbilang cukup mahal? Apalagi selalu disajikan dengan irisan mentimun.

Banyak ahli yang menyarankan bahwa cara ini adalah cara terlezat untuk menikmati sepotong Ikura sushi.

Sebaiknya jangan buang irisan mentimun di dalam sushi. Karena selain menyehatkan mentimun juga dapat memperkaya rasa sushi.

Meskipun dijual dengan harga tinggi, banyak restoran sushi yang menyajikan Ikura dengan irisan mentimun, yang sering dianggap sebagai sayuran murah. Hal ini, membuat beberapa penggemar ikura menjadi kesal.

Pasalnya, mereka telah membayar harga yang cukup mahal untuk menikmati Ikura atau telur ikan salmon.

Banyak penyuka sushi yang berasumsi bahwa hal ini permainan restoran untuk menghemat bahan baku dengan menyajikan irisan mentimun di dalam ikura sushi.

Padahal, irisan mentimun memiliki nilai penting dalam cita rasa ikura sushi. Tak ada hubungannya sama sekali dengan penghematan bahan baku, atau bahkan mengambil untung lebih.

Japan Today (02/02/17) menyebutkan jika menilik lebih dalam tentang sejarah sushi, irisan timun yang terdapat pada ikura sushi membuat rasa sushi menjadi lebih baik. Hal ini telah dikonfirmasi oleh para ahli sushi.

Menurut mereka sushi pada dasarnya terbagi dalam dua bagian, yaitu shari dan neta, atau nasi dan topping. Banyak orang yang mencelupkan sushi mereka ke dalam kecap saus.

Padahal tidak seharusnya mencelupkan bagian nasi ke dalam kecap karena akan menganggu citarasa sushi.

Para chef sushi menganjurkan untuk menyelupkan sushi dalam posisi terbalik, nasi tidak terkena bagian kecap saus. Terutama untuk sushi dengan ikan salmon yang cendrung menempel pada nasi sehingga tidak akan jatuh ketika dibalik.

Namun tekstur telur salmon yang lembut di atas nasi membuat Ikura sulit untuk dibalik, sehingga diberikan pelapis mentimun agar orang dapat lebih mudah menikmati Ikura tanpa harus takut nasi sushi terkena dengan banyak saus kecap.(*)



Share on Social Media