Kesehatan

Benarkah Air Mineral Mengandung Alkalin, Aman Untuk Ginjal ?

| Rabu 15 Mar 2017 08:18 WIB | 2448




MATAKEPRI.COM, Jakarta- Beberapa produk air mineral mengandung alkalin yang bersifat basa untuk menyeimbangkan keasaman berlebih dalam ginjal yang biasanya memicu penyakit ginjal.

Namun benarkah minuman ini ampuh?

"Minuman seperti ini biasanya memiliki kadar asam atau pH di atas tujuh (netral). Namun, tak berarti bisa melarutkan kristal penyebab batu ginjal," ujar ahli urologi dr. Marto Sugiono, Sp.U dalam media gathering Siloam Hospital Kebon Jeruk, Selasa (14/3/2017).

Ia menambahkan, minuman tersebut justru bisa menyebabkan mag karena memicu keluarnya asam dari lambung sehingga hal sebaliknya justru terjadi dimana tubuh menjadi kelebihan asam.

"Kalau mau membuat urin menjadi basa, ada obat tersendiri yang mengandung kalium sitrat," jelasnya.

Tingkat asam yang terlalu tinggi, yaitu di atas tujuh dapat menyebabkan munculnya kristal di daerah ginjal bila dipicu oleh lingkungan yang mengasamkan, salah satunya dengan memiliki asam urat.

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan membuat urin menjadi bersifat basa agar kristal bisa larut di dalamnya. Jika kristal terus menumpuk, maka bisa memicu penyakit batu ginjal yang umumnya ditandai dengan nyeri pinggang atau bahkan tidak ada gejala, kecuali sudah parah.



Share on Social Media