Pariwisata

Mau menikmati Danau serasa Laut ?? hmhm .. Kunjungi Kepingan Surga ini

| Kamis 23 Mar 2017 09:22 WIB | 3956




MATAKEPRI.COM, Tobasa - Danau Toba di Sumatera Utara bukan sembarang danau. Saking luasnya, tak sedikit wisatawan bilang ini laut apa danau?. Buktikan sendiri keajaibannya!

Keajaiban Indonesia barat tersimpan di Sumatera Utara, tak heran tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Tobasa ini di sebut " Kepingan surga " memiliki luas  1.145 km persegi dan kedalaman 450 meter!

Panjang dan lebar danaunya mencapai 100 dan 30 km. Jadi coba pejamkan mata sejanak dan bayangkan... Ini danau, bukan laut ya!

Danau Toba terluas di Indonesia (Jonson Ringo/dTraveler)



Danau ini dapat ditempuh dari Kota Medan selama sekitar 6 jam naik bus, namun  penerbangan saat ini telah di buka melalui Bandara Silangit , dari Bandara ini hanya 1 jam ke Parapat, salah satu kota dari 7 kota dan kabupaten di sekitar Danau Toba.

Eithhh tunggu dulu sebelum , menuju Parapat, kamu dapat bisa selfie di Panatapan Huta Ginjang. Suatu bukit yang menampilkan panorama deretan bukit hijau berpadu dengan permukaan air danau yang luas nan tenang. Pemandangan di sini katanya mirip seperti di Swiss!

Related image


Sangkin luasnya  Danau Toba, ia bahkan punya pantai seperti di laut sungguhan. Pantai ini bernama Pantai Bebas di daerah Parapat. Wisatawan dan warga lokal bisa bermain rekreasi air di sini.

Di Parapat, coba berhenti sejenak di tepian Danau Toba. Rasakan suasana yang sejuk karena danau ini berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Setelah itu, sewalah perahu untuk menjelajahi danaunya sampai ke pulau di dalam pulau, Samosir namanya.

Samosir merupakan sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba. jadi di zaman dulu, Danau Toba ini merupakan gunung yang meletus lalu melululantahkan tanah di sekitarnya hingga memunculkan tanah yang terangkat ke atas (si Samosir itu).

Selama perjalanan ke Pulau Samosir, rasakan naik perahu serasa di laut. Arusnya kadang terasa kencang, serta ombak-ombak kecil bak laksana di lautan. Hal tersebut disebabkan oleh angin yang menghempaskan permukaan air danaunya.

Di Pulau Samosir, kamu akan melihat kehidupan masyarakat Batak serta sejarah leluhurnya. Termasuk, menari bersama Si Gale-gale yang disebut juga sebagai boneka roh.

Jangan lupa nonton Si Gale-gale kalau ke Samosir ya! (Afif/detikTravel)

Patung Si Gale-gale


Di Pulau Samosir kamu pun dapat berbelanja aneka suvenir seperti kain ulos, makanan ringan dan aneka kerajinan lainnya. Oh iya, ada banyak penginapan di pulaunya atau pun di pinggiran Danau Toba. Uniknya, penginapannya berada persis di pinggir danaunya, sehingga kamu bisa berenang dan melakukan water sport.

Image result for image danau toba



Sudah banyak tur operator yang menawarkan liburan ke Danau Toba. Ulasan backpacker-an ke Danau Toba dapat pula kamu temukan di berbagai situs internet.  Mau tau rasanya di Surga ? Kunjungi Pulau samosir kepingan surga ini





Share on Social Media