Batam

Tak Tangung-tanggung, Kebun Raya Batam Telan Anggaran 800 M

| Selasa 09 May 2017 13:39 WIB | 6284

BP Batam
Aset Daerah


Kebun Raya Batam yang sedang dalam tahap pembangunan.


MATAKEPRI.COM, Batam -  Anggaran pembangunan fisik Kebun Raya Batam (KRB) menelan angka yang tidak main - main dan cukup fantastis. Untuk melihat Kebun Raya Batam layaknya sebuah kebun raya, butuh anggaran Rp 800 miliar.

“Benar, dana pembangunan fisik sampai selesai sekitar Rp 800 miliar,” kata Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Gintoyono Batong, Jumat (5/5) siang.

Ini belum termasuk dana untuk tanaman koleksi kebun. “Dana tanam tumbuh itu  Kebun Raya Bogor dan LIPI yang tahu,” tambahnya.

Namun mantan kepala Dinas Tata Kota (Distako) Batam ini mengaku tidak tahu berapa besar anggaran tanam tumbuh tersebut.

Ditanya berapa jumlah anggaran yang kini sudah terserap, Gintoyono juga mengaku tidak tahu, pasalnya pengerjaan fisik oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Yang pasti dia tahu yakni pembangunan fisik akan berlanjut tahun ini.

“Sempat vakum dua tahun kan karena berkasus (kasus korupsi). Tahun ini baru lanjut lagi setelah tidak lagi ada kendala terkait hukum,” sebutnya seperti dimuat batampos.co.id. Tidak menunggu waktu lama, setelah perbaikan tahun ini tuntas, rencananya akhir tahun 2017 Kebun Raya Batam akan di-launching.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (KemenPUPR) sudah menggelontorkan dana awal Rp 21,8 miliar di awal pembangunan tahun 2014. Namun Rp 6,947 dikorupsi. Sisanya telah digunakan untuk membangunn sejumlah fasilitas, termasuk kantor pengelola, namun kondisinya kini banyak yang rusak.

Tahun ini, tepatnya mulai Juli 2017 mendatang, KemenPUPR akan menggelontorkan kembali dana Rp 5 miliar untuk perbaikan fasilitas yang rusak. Menyusul anggaran berikutnya di tahun 2018 dan seterusnya hingga Kebun Raya Batam benar-benar layak disebut kebun raya.

Soal status lahan, Gintoyono memastikan tidak ada masalah. Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menetapkan lokasi tersebut untuk kebun raya. “Tak ada kendala, lanjut terus. Luasnya 86 hektar,” sebutnya.

Berdasar pada maket, selain sarana perkantoran pengelola, perpusatakaan hingga ruangan bagi pengunjung Kebun Raya Batam juga dilengkapi berbagai sarana lain seperti Laboratorium, Gedung Konservasi, Botanocal Viewing Tower, Gedung Herbarium, Botanical Skyway, Danau Buatan, Kolam Air hingga Gazebo.

Tidak hanya itu, di kebun tersebut juga ada zonanya, diantaranya Zona Sunda Land, Wallacea, New Guinea, Oceania, Other World Hutan Magrove, Botanical Signage, flower Garden, Maeze Garden dan lain-lain. (*)



Share on Social Media