Karimun

Batik Karimun Louncing, Pengurus Dekranasda dikukuhan

Maman | Jumat 13 Oct 2017 16:02 WIB | 2983



Bupati Karimun bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq, bersama FKPD dan OPD serta tamu u


MATAKEPRI.COM, Karimun - Bupati Karimun H Aunur Rafiq mengukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karimun periode 2016-2021, Jumat (110) di Ballroom Padimas Hotel Aston Kabupaten Karimun. Pengukuhan itu disejalankan dengan acara Lounching Batik Karimun.

Acara pengukuhan itu juga dihadiri, FKPD dan OPD Karimun,Camat dan lurah, Wakil II DPRD Kabupaten Karimun, Bhakti Lubis, Ketua PN Karimun, serta seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Karimun periode 2016-2021.

Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq dalam sambutanya mengatakan dengan lounchingnya batik Karimun ini, dapat lebih dikenal di Kabupaten Karimun, Kabupaten/Kota, Provinsi dan dareah-daerah lainya maupun manca negara.

Dikatakan, jenis dan motif khas Karimun ada 8 motif yang dilonching. Kedelapan motif tersebut, terdiri dari, motif Tampuk Manggis Bunga Melur, Wajik Tersamar, Daun Sukun, Udang Galah Berbiring, Jong Sri Gelam, Ikan Kurau, Pokok Sagu Berayun dan motif Tampuk Manggis Sirih Raja.

"Insyallah kedepan, kami akan lebih menggali lagi inovasi dan menambah motif lagi. Sehingga motif batik Karimun bertambah dan tidak hanya 8 motif lagi" ujarnya.

Diharapkan kedepan, bersama pengurus Dekranasda daerah lainya maupun Provinsi, akan bersama-sama memajukan Dekranasda Kabupaten Karimun. Membantu pelaku usaha , pengrajin dan UKM yang berada di Kabupaten Karimun, dapat berkembang.

Sehingga, lanjutnya, dengan hal ini, dapat menjadi masa depan pencarian para pelaku usaha, pengrajin maupun UKM yang berada di Kabupaten Karimun semakin meningkat dan semoga menjadi kesejahteraan bagi Kabupaten Karimun dengan ekonomi yang semakin baik.

Sementara itu, Bupati Karimun mengharapkan dengan dibentuknya Dekranasda itu, sebagai wadah untuk melakukan pembinaan-pembinaan terhadap kerajinan-kerajinan daerah. Sehingga, kerajinan-kerajinan daerah dapat didorong, dimotivasi dan bisa lebig digali lagi.

Yang kedua, tambahnya, tidak kala pentingnya, tidak sekedar membina. Tetapi untuk membantu bagaimana pemasaranya. Menjalin akses hubungan pemasaran dengan luas. Sehingga, pelaku-pelaku kerajinan di tempat kita ini bisa berkembang dengan baik.

"Selain itu, yang ketiga, membangun komunikasi jaringan dengan perbankan untuk kredit usaha mikro seperti di Bank-Bank. Apakah Bank Pemerintah maupun swasta, ini dapat dilakukan," tambahnya.

Selain itu, Bupati juga sudah meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karimun, mendampingi Dekranasda untuk menjalin akses dengan perbankan agar mendaftarkan para pelaku dunia usaha kerajinan ini.

"Sehingga, para pelaku usaha juga mengerti bagaimana untuk penguatan modal dapat dilakukan dengan pinjaman dengan perbankan yang sudah ada ini," pungkasnya. (Hasian).



Share on Social Media