Batam, News, Kepri

Jemaah Calon Haji Asal Pekanbaru Sempat Di Ragukan Berangkat Haji

Egi | Senin 08 Jul 2019 15:10 WIB | 2124



Jemaah Calon Haji asal Pekanbaru tiba di Hang Nadim Batam (Foto:MCH/MK)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Salah satu Jemaah Calon Haji (JCH) asal kota Pekanbaru, Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau yang tergabung dalam Kloter 4 (empat) atas nama Syaria sempat di batalkan keberangkatan karena tingkat kesehatannya menurun.

Jemaah Calon Haji  asal Kota Pekanbaru Senin dini hari (8/7) pukul 4.15 WIB tiba di Bandara Hang Nadim Batam. Sebanyak 3 penerbangan (Lion Air) yang mengangkut JCH tersebut dari bandara Sultan Syarif Kasim II ke bandara Hang Nadim Batam dengan interval waktu lebih kurang tiap 15 menit.

Kedatangan JCH langsung disambut oleh PPIH Embarkasi Haji Batam yang sudah menunggu di Bandara, kemudian mengarahkan JCH ke tempat duduk yang telah disediakan, selanjutnya JCH bersiap untuk melakukan sholat subuh berjamaah di mushola yang telah disiapkan di ruang A9 Bandara Hang Nadim Batam.

Berdasarkan laporan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter 4, Norkholis bin Khairudin Jailani mengatakan JCH yang tergabung dalam kloter ini berjumlah 443 orang, ditambah dengan 5 orang petugas, dengan total 448 orang. 

"Seluruh JCH kloter ini berasal dari kota Pekanbaru dengan usia termuda 20 tahun dan tertua 78 tahun,"ucap Norkholis.

Sementara itu Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 4, dr.Dewi Rosanti Basri, mengatakan JCH atas nama Syaria semula sempat diragukan kesehatannya karena HB nya 8 malam tadi, namun menjelang berangkat ke Batam menjadi 9.

"Alhamdulillah tadi kita cek lagi bersama dengan Tim Kesehatan Embarkasi Haji Batam HB nya sudah 10,"ungkap dr.Dewi.

Diketahui orang yang kondisi HB dibawah 9.5 dilarang untuk naik pesawat. Hal ini disebabkan karena kurangnya tekanan udara, kadar oksigen minimum, kebisingan serta getaran pada pesawat yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.(EAG)



Share on Social Media