Batam, News, Ekonomi

Seberapa Besar Peran Pemko Batam Dalam Penanganan Korban Bencana ? Ini Kata Pengungsi

| Sabtu 28 Sep 2019 09:08 WIB | 2186

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Sumbangan


Pembangunan kembali rumah yang menjadi korban kebakaran di Ruli Danau Merah, kelurahan Buliang, kecamatan Batuaji.


MATAKEPRI.COM, Batuaji - Para korban kebakaran di ruli Danau Merah, yang hingga saat ini, sabtu (28/9) masih tinggal di tenda pengungsian milik Dinas Sosial Kota Batam, mulai bangkit untuk melakukan pembangunan kembali rumah mereka yang telah rata, pasca kebakaran yang terjadi pada Kamis (12/9) lalu sekitar pukul 11.30 wib.


Baca juga : Pengungsi : Apakah Kami Tak di Anggap Oleh Pemko Batam ?


Para korban kebakaran, setelah kejadian pilu tersebut, langsung bergerak dan mengumpulkan puin-puing rumah mereka, bahkan terlihat oleh Matakepri.com, hingga sabtu (28/9) beberapa bangun telah kembali di bangun.


Tumpukan pasir, semen dan batako juga terlihat di area posko pengungsian. Beberapa bahan bangunan tersebut, berasal dari para masyarakat sekitar, keluarga ataupun Paguyuban-paguyuban tertentu. Meskipun demikian, para korban kebakaran tersebut sejatinya sangat mengharapkan bantuan dari pemko Batam.


Baca juga : Dua Minggu Berlalu, Warga Pengungsian korban Kebakaran Masih Belum Dapatkan Bantuan


Namun harapan itu sepertinya hanya akan menjadi angin lalu. Ramli Simatupang selaku ketua posko pengungsian korban kebakaran di Ruli Danau Merah mengatakan bahwa pemko Batam hingga saat ini pun tak bisa memberikan apa-apa yang di butuhkan oleh para pengungsi.


Toilet umum yang sejatinya sangat di perlukan oleh para korban kebakaran pun hingga saat ini belum bisa di hadirkan. "Tenda dan dapur umum lah, bantuan dari pemko Batam yang telah di terima oleh korban kebakaran," kata nya kepada Matakepri.com.


tong berwarna biru, yang menjadi saksi keganasan sijago merah, menghanguskan 16 rumah di Ruli Danau Merah pada Kamis (12/9). (Foto : Agung)


Ramli pun mempertanyakan, apakah statusnya yang saat ini tinggal di ruli menjadi alasan kurang di perhatikan oleh pemerintah. Namun itu bukan menjadi hambatan bagi para korban kebakaran.


Baca juga : Kepulan Asap Hitam Membubung Tinggi, Puluhan Rumah Terbakar di Ruli Danau Merah


"Masih banyak masyarakat yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi, yang masih memikirkan orang lain yang tertimpa bencana. Dan kami pun sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Batam yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk kami," ucap nya bersyukur.


Baca juga : Tenda pengungsian halangi akses jalan, sempat akan di bongkar Pihak pengembang


Masih di lokasi pengungsian, terlihat oleh Matakepri.com, saat ini pun tiggal tiga tenda berdiri di area pengunsian tersebut, yang mana satu tenda untuk para pengungsi pria, satu tenda untuk pengungsi wanita, dan satu tenda lainnya di gunakan untuk menyimpan barang sembako. (AM)



Share on Social Media