Tanjung Pinang, News, Ekonomi

Kayu Kaliandra Akan Jadi Alternatif, Pembangkit Listrik Di Wilayah Kepri

Agung | Rabu 23 Oct 2019 07:51 WIB | 448

Gubernur


Plt Gubernur Kepri, Isdianto


MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Pemerintah provinsi Kepri akan merencanakan pembudidayaan danbjuga pengelolaan kayu Kaliandra sebagai Biomassa pembangkit listrik di wilayah Kepri.


Dikutip dari Situs resmi Diskominfo Kepri, bahwa Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto, menyampaikan beberapa waktu lalu saat berada di Tanjungpinang,  terkait wacana pengguna kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik.


"Saya baru tahu kalau kayu Kaliandra bisa menjadi salah satu alternatif biomassa pembangkit listrik," ucap Isdianto.


Dikatakan juga oleh istianto bahwa menurut kepala PLN Riau Kepri yang menyampaikan kepada dirinya beberapa waktu lalu bahwa penggunaan kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik tersebut telah digunakan terlebih dulu di wilayah Karimun.


"Ini merupakan alternatif yang baik, Pemprov Kepri akan terus mendukung jika nantinya penggunaan kayu Kaliandra ini dapat dikembangkan di setiap daerah di Provinsi Kepri," kata Isdianto.


Karena kayu kaliandra tersebut bernilai cukup ekonomis, dan tak hanya itu apabila dirasa menjanjikan pihaknya juga bisa mengembangkan kayu kaliandra tersebut sebagai salah satu komoditas pertanian di wilayah Kepri.


"Selain dapat digunakan sebagai alternatif biomassa pembangkit listrik, kita juga bisa kembangkan nilai ekonomisnya," jelasnya 


Sampai saat ini pun pihak nya masih terus melakukan berbagai upaya untuk terus mengkaji lebih dalam terkait pengelolaan kayu kaliandra tersebut.


"Jika bahan bakar listrik seperti batu bara langka dan akan habis, kita harap dengan adanya pembangkit listrik dari kayu Kaliandra ini mendapat jadi alternatif nya," pungkasnya.



(**)