Batam, News, Kesehatan

Ini Penyakit Yang Akan Mengintai Saat Kita Malas Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

| Jumat 15 Nov 2019 16:54 WIB | 3697

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kesehatan


Ilustrasi penyakit gigi.


MATAKEPRI.COM, Batam - Menjaga kesehatan gigi dan mulut, telah di ajarkan kepada sebagaian besar anak sejak usia dini dan juga saat di duduk di bangku sekolah, baik Paud, Taman Kanak-kanak (TK) maupun Sejolah Dasar (SD).


Karena perlu sama-sama dikerahui, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sangatlah penting. Hal tersebut di sampaikan oleh kepala dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.


"Tentu saja mulut da gigi ini sangat berpengaruh penting bagi kesehatan tubuh, karena seluruh asupan yang masuk ke dalam tubuh, melalui mulut dan gigi," Ucap Didi kepada Matakepri.com belum lama ini.


Berikut beberapa penyakit serta dampak kesehatan gigi dan mulut yang buruk jika tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut.


• Penyakit gusi, meskipun terbilang ringan namun dapat menjadi lebih buruk keadaannya jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan hilangnya gigi, infeksi, dan komplikasi lainnya.


• Peradangan pada bagian dalam jantung, disebut endokarditis. Penyakit ini terjadi sebagai akibat adanya bakteri dalam mulut yang terbawa aliran darah melalui gusi yang berdarah.


Berikut beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, yang berhasil di rangkum oleh Matakepri.com


• Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride.

• Makan makanan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang mengandung manis/asam secara berlebihan.

• Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali.

• Jangan merokok.

• Periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi.


Karena kesehatan gigi yang baik merupakan kombinasi dari perawatan sehari-hari yang tepat dimulai dari menggosok gigi dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.


Jadi, jika ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, menjaga kesehatan mulut Anda adalah investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan. (AM)



Share on Social Media