Nasional , News

Begini Kondisi Trotoar Yang Sedang Revitalisasi, Yang Buat Jokowi Stuck 30 Menit

| Sabtu 30 Nov 2019 10:05 WIB | 1423

Presiden RI/Wakil Presiden RI


Trotoar yang sudah dilakukan revitalisasi, yang buat Jokowi terjebak macet selama 30 menit. (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat terjebak macet saat akan menghadiri acara yang ada di Hotel Rafless, Jakarta. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menilai penyebabnya adalah karena dampak proyek pelebaran trotoar yang ada di Jalan Prof Dr Satrio-Jalan Casablanca.


Pantauan detikcom, proyek pengerjaan trotoar terlihat dikerjakan di sepanjang Jalan Prof Dr Satrio hingga Jalan Casablanca, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Beberapa pekerja tampak terlihat di sebagian jalan tersebut.


Baca juga : Jokowi Terkena Macet 30 Menit, Dishub Salahkan Trotoar


detikcom sempat melihat langsung pengerjaan trotoar tersebut mulai dari ITC Kuningan yang berada di Jalan Prof Dr Satrio hingga Puri Casablanca yang ada di Jalan Casablanca. Tampak terlihat pengerjaan trotoar yang masih belum rapi.


Terlihat pula, seng pembatas yang digunakan karena trotoar akan dilebarkan. Akibatnya, ruas jalan semakin menyempit dan menyebabkan arus lalu lintas macet.


Pejalan kaki terlihat tidak nyaman melintas di beberapa lokasi trotoar. Kemacetan juga terlihat dari arah Jalan Satrio menuju Tebet. Sementara itu, arah sebaliknya cenderung lancar.



Salah seorang pengendara motor, Maria, mengaku proyek trotoar memang menambah jalan semakin macet. Dia menyebut, kendaraan umum juga tidak akan efektif karena jalan yang macet.


Jalan Prof Dr Satrio-Jalan Casablanca, yang sedang padat pengendara. (Istimewa)



"Ya karena pelebaran jalan trotoar ini sih jadi lebih macet gini. Pelebaran jalan seperti ini orang jadi sering naik kendaraan pribadi tuh jadi kurang efisien aja," jelasnya.


Baca juga: Jokowi soal Stuck 30 Menit: Bukan Macet Hahaha, Itu Berhenti di Casablanca


Sebelumnya diberitakan, mobil yang ditumpangi Jokowi tidak bisa bergerak sama sekali sebelum menghadiri acara Bank Indonesia (BI), Kamis (28/11). Jokowi mengatakan dirinya stuck di kawasan Casablanca.


"Bukan macet, berhenti. Ha-ha-ha.... Di Casablanca," kata Jokowi di proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11).


Sementara itu, Dinas Perhubungan memperkirakan kemacetan disebabkan ada revitalisasi atau pelebaran trotoar. Pihaknya akan segera berkorordinasi dengan Dinas Bina Marga.


"Daerah di sana memang sedang ada pekerjaan pelebaran trotoar, di jalan, di situ. Ada pekerjaan trotoar. Nanti kita cek titik pastinya di mana hingga terjadi kemacetan seperti itu," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.



(***)

Sumber detik



Share on Social Media