International, News, Kesehatan, Ekonomi

Waspada, Kini Virus Corona Bisa Infeksi Perangkat Komputer dan Smartphone

| Senin 03 Feb 2020 09:32 WIB | 1262

Kesehatan


Ilustrasi virus Corona.


MATAKEPRI.COM JAKARTA -- Wabah virus corona yang merebak di Wuhan, China dimanfaatkan hacker untuk melancarkan aksinya.


Laporan dari tim keamanan Kaspersky mengungkap adanya malware yang bersembunyi di balik file video, dokumen dan PDF cara pencegahan virus corona yang dikirimkan ke email. Bentuknya berupa lampiran yang apabila dibuka akan dapat menginfeksi HP dan perangkat komputer.


Bila telah terinfeksi, hacker mampu memblokir perangkat, menyalin atau mengubah data pada perangkat, atau bahkan mencuri dari folder pengguna.


"Virus corona sedang hangat dibahas sehingga digunakan sebagai umpan oleh penjahat cyber. Sejauh ini kami telah menemukan 10 file yang mengandung malware," ungkap Anton Ivanov, analis malware Kaspersky seperti dilansir dari Gadget 360.


Menurutnya aksi hacker menunggangi topik populer memang sering terjadi. Karenanya seiring merebaknya virus corona, diyakini Ivanov akan semakin banyak pula malware yang tersembunyi di file dokumen palsu.


Untuk itu dia menyarankan agar berhati-hati bila menerima email atau pun link terkait virus corona. Jangan pula asal mem-forward ke orang lain.


Ivanov menganjurkan untuk merujuk informasi ke sumber resmi seperti WHO, lembaga atau organisasi kesehatan. Dan tak kalah penting untuk mempelajari ektensi file lampiran yang mencurigakan.


"Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk," pungkasnya.  (***)



Share on Social Media