Batam, News, Kepri

Utamakan Kader Sendiri, Demokrat Kota Batam Satu Suara Dukung Helmy Hemilton

Egi | Selasa 07 Jul 2020 19:54 WIB | 1790

Politisi


Helmy Hemilton (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Berdasarkan hasil keputusan rapat, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Batam memutuskan untuk mendukung kader terbaik Helmy Hemilton, Selasa (7/7/2020).


Plt ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam, Hotman Hutapea menegaskan, dukungan penuh diberikan pengurus, kader, hingga simpatisan partai untuk Wakil Ketua DPRD Batam periode 2014-2019 itu.


Hotman juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengetahui track record Helmy dalam dunia politik. Dia optimis, Helmy bisa mempertanggungjawabkan kepercayaan yang telah diberikan.


“Partai Demokrat memiliki tiga kursi, kami masih berusaha melobi salah seorang calon untuk bisa disandingkan dengan orang dari internal Demokrat. Karena Helmy merupakan wakil ketua DPC, jadi akan kami dorong beliau untuk bisa disandingkan dengan calon tersebut," ucap Hotman Hutapea.


Kendati demikian, Hotman enggan menyebutkan nama calon yang dimaksud. Kata dia, pihaknya masih menunggu calon tersebut diusung oleh salah satu partai politik (Parpol) untuk bisa berkoalisi dengan Demokrat. Untuk penempatan orang internal dari Demokrat, Hotman melihat situasi yang ada.


"Akan kami lihat nanti seperti apa, yang pasti akan kami dukung internal kami (Demokrat) untuk maju sebagai Batam Satu (Calon Wali Kota) atau Batam dua (Calon Wakil Wali Kota)," ungkapnya.


Helmy, lanjut dia, merupakan kader partai yang telah bergabung sejak 2007. Pengalaman di parlemen juga membuat relasinya terjalin baik.


Dukungan penuh internal Demokrat dilatarbelakangi oleh kontribusinya ke partai yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak hanya terhadap rekan politisi, namun juga kepada seluruh pengurus DPC dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) serta simpatisan partai Demokrat se-Kota Batam.


Kendati Helmy mendapat dukungan penuh dari pengurus, kader, dan simpatisan, DPC Partai Demokrat Kota Batam juga menyodorkan beberapa nama lain. Hotman juga menyampaikan adanya seorang kader baru partai yang siap bertarung dalam Pilkada Batam.


Menanggapi dukungan tersebut, Helmy mengungkapkan rasa terima kasihnya, serta kepercayaan yang telah diberikan kepda dirinya.


"Pada pesta demokrasi lima tahunan ini, tentunya semua persiapan telah kita persiapkan secara matang, untuk hasil terbaik," ucap kata bungsu lima bersaudara ini. Helmy adalah anak kelima dari pasangan HR Tjoek Soekirman-Hj Martina Soekirman. Uniknya, keempat kakaknya berkarier di dunia militer dan kepolisian. Hanya Helmy yang terjun ke politik.


Pria kelahiran 1 Desember 1979 itu mengaku siap ditempatkan untuk posisi calon wali kota atau wakil wali kota, apapun instruksi DPP Partai Demokrat.


"Seperti lazimnya, partai tentu akan melaksanakan survei terhadap setiap calon kepala daerah," kata Helmy.


Selain mendaftar ke partainya sendiri, Helmy juga telah mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dan sampai saat ini, koalisi yang sudah muncul adalah PDIP, Gerindra, dan PKB dengan mengusung Lukita-Basyid.


Keputusan DPC Partai Demokrat Kota Batam itu sejalan dengan perintah ketua umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Dalam Kongres V Partai Demokrat, di JCC Senayan, Jakarta 14 Maret 2020 lalu, AHY meminta semua kader di penjuru nusantara untuk menyukseskan hajat demokrasi tahun ini.


AHY menegaskan, Demokrat akan mengusung kadernya untuk maju dalam pilkada serentak. “Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga sepakat untuk ke depan (pilkada, Red.), mari kita mengutamakan untuk kader partai sendiri,” tegas AHY.


Menurutnya, jika Demokrat sukses menghadapi pilkada tahun ini, maka tidak menutup kemungkinan akan memudahkan pada pesta demokrasi berikutnya. Untuk memenuhi target itu, AHY sendiri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan ketua DPD dan DPC. Dia meminta, dalam persiapan menghadapi pilkada, Demokrat tidak boleh terlambat menentukan sikapnya.


“Semua menyampaikan kepentingan ataupun concern yang sama bahwa kita tidak boleh ketinggalan kereta dalam mencari koalisi, dalam mencari tiket untuk mengusung pasangan calon," katanya.


Sementara itu, AHY mematok dua syarat bagi kader jika ingin maju dalam pilkada. Dua syarat itu adalah keinginan yang kuat dan kesiapan yang sungguh.


“Itu semua harus siap agar kita juga benar-benar punya kemampuan untuk berkompetisi dengan calon-calon lainnya,” katanya.


Bahkan, saat kunjungannya ke Batam beberapa waktu lalu, AHY memberikan lampu hijau langsung ke Helmy. “Di Kepri ada beberapa kader terbaik Partai Demokrat, salah satunya beliau (sambil menunjuk Helmy Hemilton),” kata AHY, (r/egi)



Share on Social Media