Natuna

Lanal Ranai Gelar Panen Raya Perdana Sayur Sawi dan Jagung

Juliadi | Rabu 29 Jul 2020 13:34 WIB | 3269

TNI/Polri


Istiewah


MATAKEPRI.COM NATUNA – Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Dofir, didampingi Ketua Cabang 8 Korcab IV  DJA I Ny. Liya Dofir beserta Pengurus,

Gelar panen sayuran sawi dan jagung hasil budidaya hydroponic di Kebun Mako Lanal Ranai Natuna Kepri, Selasa (28/07/2020) 


Pada kesempatan tersebut  Danlanal Ranai menyampaikan “Panen raya perdana sayuran sawi dan jagung merupakan hasil budidaya hydroponik yang dikerjakan oleh Prajurit, sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sayur Prajurit dan Pns Lanal Ranai, bahkan bila memungkinkan akan bernilai ekonomis dan menguntungkan apabila dapat dipasarkan keluar”, ujarnya.


Danlanal Ranai juga menambahkan “Budidaya tanaman ini akan terus berlanjut ditanam disesuaikan dengan umur masa panen, sehingga dapat dikonsumsi secara berkesinambungan”,  tambahnya.


“Seperti diketahui bahwa Ketahanan Pangan ini sudah menjadi program Pemerintah dalam menghadapi masa pandemi covid-19 di Indonesia, tak terkecuali Lanal Ranai sudah memulai dengan membuka kembali dan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar Mako Lanal Ranai sejak awal bulan April 2020 lalu”, jelasnya.


“Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi prajurit Lanal Ranai sesuai amanat Undang – Undang Nomor 18 tahun 2018 tentang Pangan, didefinisikan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah, mutu dan terjangkau”, pungkasnya.


Turut hadir dalam panen perdana tersebut Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ari P,  Pasintel Lanal Ranai Mayor Laut (P) Hotma M. Hutahaean, Kaur Dayaguna Spotmar Kapten Laut (P) Teguh B.S. (r/Adi)



Share on Social Media